HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PENGELOLA PERPUSTAKAAN DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI BAGIAN LAYANAN KOLEKSI UMUM BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IWIN ARDYAWIN, NIM. 1520010029 (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PENGELOLA PERPUSTAKAAN DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI BAGIAN LAYANAN KOLEKSI UMUM BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PENGELOLA PERPUSTAKAAN DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI BAGIAN LAYANAN KOLEKSI UMUM BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1520010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PENGELOLA PERPUSTAKAAN DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI BAGIAN LAYANAN KOLEKSI UMUM BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1520010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif pengelola perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di Bagian Layanan Koleksi Umum Balai Layanan Perpustakaan BPAD Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian verifikatif (kausalitas). Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas yaitu: Komunikasi Efektif (X) dan variabel terikat yaitu: Kepuasan Pemustaka (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel 365 pemustaka, dari 4.152 orang pemustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan angket jenis tertutup. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian analisis deskriptif menggunakan rumus Mean dan Grand Mean diperoleh hasil dari komunikasi efektif dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,10. Sedangkan kepuasan pemustaka dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,14. Hasil uji korelasi product moment, bahwa besar koefisien korelasi antara variabel komunikasi efektif (X) dan kepuasan pemustaka (Y) memperoleh hasil sebesar 0,710, pada interval koefisien antara 0,80 - 1,000 menunjukkan hubungan yang sangat kuat, dimana arah hubungan adalah positif karena nilai r menunjukkan angka positif. Hasil regresi sederhana untuk variabel (X) dan variabel (Y) Y = 10.663 + 0,902 X dan R Square sebesar 0,710 berarti bahwa hubungan komunikasi efektif dengan kepuasan pemustaka sebesar 50,41%. Faktor lain di luar penelitian ini sebesar 49,41 %. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan komunikasi efektif pengelola perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di bagian layanan koleksi umum Balai Layanan Perpustakaan BPAD Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi pihak perpustakaan dengan hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif pengelola perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di bagian layanan koleksi umum Balai Layanan Perpustakaan BPAD Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga pihak perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan komunikasi efektif agar dapat memaksimalkan kepuasan bagi pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi efektif, Kepuasan pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:15
Last Modified: 11 Oct 2017 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27495

Actions (login required)

View Item View Item