PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG PEMBELAJARAN FIQIH, MOTIVASI BELAJAR, DAN COGNITIVE STYLE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI WONOKROMO YOGYAKARTA

ZULKARNAIN,, NIM. 1520010055 (2017) PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG PEMBELAJARAN FIQIH, MOTIVASI BELAJAR, DAN COGNITIVE STYLE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI WONOKROMO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG PEMBELAJARAN FIQIH, MOTIVASI BELAJAR, DAN COGNITIVE STYLE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI WONOKROMO YOGYAKARTA)
1520010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG PEMBELAJARAN FIQIH, MOTIVASI BELAJAR, DAN COGNITIVE STYLE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI WONOKROMO YOGYAKARTA)
1520010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (633kB)

Abstract

MTs Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta. Pendidikan merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk membentuk manusia berkualitas dalam pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang pencapaiannya dilakukan dengan terencana, terarah dan sistematis. Keberhasilan di satuan pendidikan madrasah Tsanawiyah dalam mengantar peserta didik tidak lepas dari aspek-aspek yang terkait di dalamnya. Pendidikan menunjukkan tinggi kemajuan bangsa, dan aspek-aspek pendidikan sebagai faktor yang sangat menentukan keberhasilan yang akan dicapai pada satuan pendidikan. Pada kemudiannya akan menentukan mutu pendidikan berkualitas yang maksimal oleh siswa, yaitu hasil belajar dalam bentuk kognitif, afektif maupun psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui: (1) Pengaruh sikap siswa tentang pembelajaran fiqih siswa terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs Negeri Wonokromo. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII MTs Negeri Wonokromo. (3) Pengaruh gaya kognitif terhadap hasil Belajar pelajaran Fiqih pada siswa Kelas VIII MTs Negeri Wonokromo. (4) Pengaruh antara sikap siswa tentang pembelajaran fiqih motivasi belajar dan gaya kognitif secara bersama-sama terhadap hasil belajar pelajaran Fiqih siswa kelas VIII MTs Negeri Wonokromo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa, yang diambil dengan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan, observasi, dokumentasi, wawancara dan Kuesioner. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS v. 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) sikap siswa tentang pembelajaran fiqih masuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata akhir 79.89%. (2) motivasi belajar masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata akhir 81.35%. (3) gaya kognitif dalam kategori tinggi dengan nilai ratarata akhir 76.11%. (4) sedangkan tingkat signifikasi yang di dapat 0,000 0,05 maka dapat dikatakan signitifikan, yang artinya ada pengaruh yang signifikan di antara kedua variabel, diartikan bahwa ada pengaruh yang positif antara sikap siswa tentang pembelajaran fiqih, motivasi belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fiqih artinya semakin tinggi atau semakin baik pengaruh yang positif antara sikap siswa tentang pembelajaran fiqih, motivasi belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fiqih maka akan dihasilkan prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: sikap siswa, motivasi belajar, gaya kognitif dan hasil belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:13
Last Modified: 12 Oct 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item