DINAMIKA PSIKOLOGIS ANAK DI PONDOK CILIK MAKTAB NUBDZATUL BAYAN AL- MAJIDIYAH PALDUDING PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN

IMAM HANAFI, NIM. 1520010055 (2017) DINAMIKA PSIKOLOGIS ANAK DI PONDOK CILIK MAKTAB NUBDZATUL BAYAN AL- MAJIDIYAH PALDUDING PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS ANAK DI PONDOK CILIK MAKTAB NUBDZATUL BAYAN AL- MAJIDIYAH PALDUDING PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN)
1520010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS ANAK DI PONDOK CILIK MAKTAB NUBDZATUL BAYAN AL- MAJIDIYAH PALDUDING PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN)
1520010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji perkembangan psikologis anak di salah satu lembaga pendidikan Islam atau pondok pesantren yang memiliki santri mayoritas anak-anak di Madura, dengan Pondok Cilik Maktab Nubdzatul Bayan al-Majidiyah sebagai lokasi. Oleh karena itu, pertanyaan penelitian dalam kajian ini adalah: (1) Bagaimana perkembangan psikologis santri?; (2) Jenis perkembangan psikologis apa sajakah dari santri yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsi perkembangan?; (3) Faktor apa sajakah yang menyebabkan perkembangan psikologissesuai dan tidak sesuai? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, skala, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan psikologis anak di pondok cilik bervariasi yang terbagi menjadi beberapa jenis perkembangan yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip perkembangan. Jenis perkembangan yang sesuai meliputi perkembangan fisik dalam aspek berat badan, perkembangan emosi dalam aspek sikap, perkembangan bahasa dalam aspek kemampuan menulis dan membaca, perkembangan sosial yakni anak mampu menyesuaikan dengan aturan, perkembangan kepribadian meliputi sifat anak jujur dan ramah, perkembangan moral mencakup kepatuhan anak pada peraturan, serta perkembangan minat beragama mencakup kemampuan menghafal do’ado’a. Sedangkan perkembangan psikologis anak yang tidak sesuai diantaranya perkembangan fisik yakni tinggi badan, perkembangan bahasa dalam aspek kosa kata bahasa madura, perkembangan emosi yakni sikap anak yang suka mengganggu, perkembangan moral yakni anak yang selalu ingin bermain, dan perkembangan minat beragama yakni anak enggan untuk melakukan shalat. Beberapa faktor yang menyebabkan perkembangan tersebut berlangsung dengan normal sesuai dengan prinsip perkembangan diantaranya: pemenuhan kebutuhan gizi anak oleh orang tua, kondisi kesehatan anak, materi pelajaran yang diberikan sesuai dengan tingkatan usia anak, rasa memiliki dan mengayomi yang tinggi dari ustadz/pendamping, kemampuan anak menyesuaikan diri, pendidikan dan penanaman nilai di pondok, latar belakang anak dari keluarga kiai atau ustadz. Sedangkan faktor yang menyebabkan perkembangan psikologis anak berlangsung dengan tidak normal ialah: latar belakang keluarga anak berekonomi rendah, menu makanan kurang bergizi, anak kurang tidur, anak kurang olah raga, perbedaan metode mendidik oleh masing-masing pendamping, anak tidak memiliki model, perbedaan fisik pada masing-masing anak, perbedaan peran, kecenderungan anak bermain lebih besar, dan anak suka melanggar aturan. Kontribusi dari penelitian ini yaitu lembaga pendidikan Islam yang concern pada pengembangan keilmuan keIslaman sejak usia anak-anak harus mengacu pada perkembangan anak baik secara fisik maupun psikis. Kontribusi lain adalah penggambaran tentang perkembangan psikologis anak di pondok cilik di Pamekasan, Madura.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M. Si
Uncontrolled Keywords: perkembangan psikologis, anak, pondok cilik.
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:22
Last Modified: 12 Oct 2017 04:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27513

Actions (login required)

View Item View Item