DESAIN TATA RUANG DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

DEWI WURYANI, NIM. 14130009 (2017) DESAIN TATA RUANG DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DEWI WURYANI 14130009)
14130009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DESAIN TATA RUANG DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
14130009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Yogyakarta merupakan sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa. Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya, untuk itu perlu adanya desain tata ruang perpustakaan agar perpustakaan dapat memberikan kenyamanan bagi pemustaka maupun petugas perpustakaan. Desain tata ruang perpustakaan sangat berpengaruh dalam menunjang penyelenggaraan kegiatan-kegiatan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain tata ruang di Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan diperkuat dengan wawancara. Setelah peneliti melakukan penelitan di Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Yogyakarta, desain tata ruang Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo meliputi ruang koleksi, ruang baca, ruang petugas dan ruang pelayanan sirkulasi. Luas gedung Perpustakaan SD Negeri 4 Wates 56 m2, sesuai untuk ukuran standard perpustakaan sekolah dasar. Ukuran ruang koleksi, ruang baca, ruang petugas dan pelayanan sirkulasi kurang luas tidak sebanding dengan jumlah koleksi dan jumlah pemustaka yang dimiliki perpustakaan. Alokasi penataan ruang Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Yogyakarta tidak sesuai dengan teori komponen alokasi penataan ruangan perpustakaan, karena 5% ruangan perpustakaan digunakan untuk keperluan koperasi sekolah. Perpustakaan SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Yogyakarta menggunakan metode tata baur dalam penataan ruang perpustakaan. Penerapan metode tata baur kurang sesuai karena pemustaka dapat dengan mudah mengambil koleksi tetapi tidak diperkenankan mengembalikan koleksi ke tempat semula. Ruangan perpustakaan menggunakan AC, tetapi kurang berfungsi dengan baik karena masih ada lubang angin-angin yang belum ditutup. Warna dinding ruangan perpustakaan kurang menarik dan kurang mendukung pencahayaan ruangan perpustakaan. Pencahayaan ruangan Perpustakaan SD Negeri 4 Wates kurang maksimal, karena lampu yang digunakan untuk penerangan ruangan yang berfungsi hanya 2 lampu dari 4 lampu yang terpasang.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Siti Rohaya, S.Ag., M.T.,
Uncontrolled Keywords: Desain tata ruang
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Oct 2017 11:31
Last Modified: 12 Oct 2017 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum