PENGARUH KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PENGETAHUAN PESERTA DIDIK JURUSAN FARMASI DI SMKN 5 PANGKALPINANG

YANDI HAFIZALLAH, NIM. 1520010059 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PENGETAHUAN PESERTA DIDIK JURUSAN FARMASI DI SMKN 5 PANGKALPINANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PENGETAHUAN PESERTA DIDIK JURUSAN FARMASI DI SMKN 5 PANGKALPINANG)
1520010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSEP DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PENGETAHUAN PESERTA DIDIK JURUSAN FARMASI DI SMKN 5 PANGKALPINANG)
1520010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (973kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya siswa yang memiliki Konsep Diri yang positif dan Kreativitas yang tinggi akan mampu menghasilkan Prestasi Belajar PAI yang baik pula. Namun pada kenyataannya, ada beberapa siswa yang memiliki Konsep Diri positif memiliki nilai Prestasi Belajar PAI yang rendah atau anak yang memiliki Kreativitas yang tinggi memiliki Prestasi Belajar PAI yang rendah. Karena itu sangat perlu diadakan penelitian tentang seberapa besar pengaruh Konsep Diri dan Kreativitas tersebut dapat mempengaruhi Prestasi Belajar PAI seseorang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tingkat Konsep Diri, Kreativitas, bagaimana Prestasi Belajar PAI, dan apakah ada pengaruh Konsep Diri dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar PAI peserta didik jurusan farmasi di SMKN 5 Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi di SMKN 5 Pangkalpinang dan menjadikan siswa kelas XI Farmasi sebagai subyek penelitian dengan 104 sampel yang ditentukan oleh penelitian (sampling purposive) dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis angket menunjukkan 20 item angket Konsep Diri dan Kreativitas terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas Konsep Diri menunjukkan nilai koefisiensi sebesar 0,752 dan Kreativitas menunjukkan nilai koefisiensi 0,746, dan kedua variabel ini dinyatakana reliabel. Selanjutnya untuk mengukur Prestasi Belajar peneliti menggunakan nilai MID semester pembelajaran Pendidikan Agama Islam, analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa SMKN 5 Pangkalpinang memiliki Konsep Diri dengan nilai kumulatif 63,95% dengan kategori positif. 2) Tingkat Kreativitas siswa XI SMKN 5 Pangkalpinang diketahui memiliki nilai kumulatif sebesar 43,8 yang dikategorikan sedang. 3) Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam 65,19% yang dikategorikan sedang. 4) Konsep Diri dan Kreativitas memberikan pengatuh sebesar 59,3% terhadap Prestasi Belajar PAI, sdangkan 40,4% dipengaruhi variabel lain diluar variabel ini. Tingkat signifikansi yang didapat sebesar 0,000 0,05, maka dapat dikatakan sangat signifikan antara Konsep Diri dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kreativitas, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Psikologi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Oct 2017 07:13
Last Modified: 12 Oct 2017 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item