EVALUASI KUALITAS LAYANAN DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN LIBQUAL+TM

WIDIYASTUTI, NIM. 1520011003 (2017) EVALUASI KUALITAS LAYANAN DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN LIBQUAL+TM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN LIBQUAL+TM)
1520011003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN DIFABEL CORNER PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN LIBQUAL+TM)
1520011003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus inklusif yang di dalamnya terdapat Pusat Layanan Difabel (PLD). Dalam pengembangan kampus inklusif ini, PLD menerapkan beberapa standar pelayanan, salah satunya adalah aksesibilitas bagi mahasiswa Difabel di Perpustakaan. Untuk menciptakan aksesibilitas tersebut, PLD bekerjasama dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga membentuk layanan khusus bagi pemustaka difabel di Perpustakaan yang diberi nama Difabel Corner. Untuk memberikan layanan Difabel Corner yang user oriented maka perlu adanya sebuah evaluasi. Penelitian ini berupaya mengevaluasi bagaimana kualitas layanan difabel Corner dan indikator layanan apa saja yang belum sesuai dengan harapan pemustaka difabel berdasarkan dimensi dalam Libqual+TM. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga dari 70 responden hanya diambil 36 responden yang memenuhi syarat untuk diteliti. Metode yang digunakan adalah 3 dimensi dalam Libqual+TM. Untuk Analisisnya menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) yang muaranya adalah perbaikan kualitas layanan melalui diagram cartesius. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga berada pada kisaran nilai B yang artinya baik, hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan indeks kepuasan pemustaka sebesar 76%. Meskipun sudah baik namun kualitas layanan Difabel Corner masih perlu ditingkatkan karena belum mencapai tingkat kepuasan 100%. Terdapat 5 indikator dalam kuadran 1 diagram cartesius sehingga indikator ini penting untuk segera ditingkatkan dan dibenahi kualitasnya oleh perpustakaan. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah: perpustakaan harus memprioritaskan sumber daya untuk melengkapi fasilitas yang ada di Difabel Corner, perpustakaan lebih intensif memberikan pelatihan kepada pemustaka difabel dalam hal penggunaan fasilitas Difabel Corner, hendaknya Perpustakaan memberikan prioritas terhadap pengadaan Komputer Jaws, Perpustakaan perlu membuat kebijakan khusus bagi pemustaka difabel terkait hak akses secara full text terhadap content digital library, hendaknya Perpustakaan melakukan koordinasi secara rutin untuk melakukan proses digitalisasi buku teks secara bersama-sama sehingga content digital repository lebih lengkap sesuai dengan harapan pemustaka difabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Rokhyanti Zulaikha
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Perpustakaan, LibqualTM, Importance Performance Analysis (IPA), Pemustaka Difabel.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:26
Last Modified: 16 Oct 2017 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27527

Actions (login required)

View Item View Item