ANALISIS KOMPETENSI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PEMENANG JUARA SATU LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016)

KENI HESTI HANDAYANI, NIM. 1520011036 (2017) ANALISIS KOMPETENSI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PEMENANG JUARA SATU LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PEMENANG JUARA SATU LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016))
1520011036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PEMENANG JUARA SATU LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016))
1520011036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kompetensi yang dimiliki kepala perpustakaan sekolah di SD IT An Najah, SMP N1 Klaten dan SMK N4 Klaten yang menjadi pemenang juara satu lomba perpustakaan sekolah Kabupaten Klaten tahun 2016. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan yang dilaksanakan kepala perpustakaan sekolah di perpustakaan sekolah tersebut. Kompetensi kepala perpustakaan meliputi 6 (enam) kompetensi yaitu kompetensi manajerial, kompetensi pengelolaan informasi, kompetensi kependidikan, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi pengembangan profesi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan objek penelitian ini adalah kompetensinya. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel secara Purposive sampling sebagai informan yang dianggap paling tahu tentang masalah yang diteliti sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan peneliti. Informan dalam penelitian ini ada 3 pustakawan dan 3 kepala sekolah serta 3 kepala perpustakaan sebagai key informan. Data dari penelitian kemudian di analisis dan menghasilkan kesimpulan penelitian. Tahapan analisis dimulai dengan mereduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kepala perpustakaan sekolah telah memiliki 4 kompetensi dari 6 kompetensi menurut standar Permendiknas nomor 25 tahun 2008, pada kompetensi pengelolaan informasi dan kompetensi pengembangan profesi belum terpenuhi dengan baik. Hasil pengembangan yang dilakukan kepala perpustakaan sekolah meliputi pengembangan koleksi, pengembangan sarana prasarana, pengembangan layanan perpustakaan serta promosi. Mengenai pengembangan anggaran dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) belum tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag, SS, M.A.
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kepala perpustakaan sekolah.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:56
Last Modified: 16 Oct 2017 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27531

Actions (login required)

View Item View Item