KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Ari Yunada, NIM: 1520420011 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1520420011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1520420011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The background of the importance of this research 1) during the last three years the implementation of the curriculum 2013 still found teachers who do not understand how to implement the curriculum, 2) the pedagogic competence of teachers in planning, implementing and evaluating learning becomes very crucial in the KBM process, if not implemented Correctly it means the teacher failed to educate the students, 3) MIN Tempel Yogyakarta became one example of model school application of the curriculum 2013., This research is a qualitative research, taking the setting of MIN Tempel Yogyakarta. This research uses student participation approach. Data collection was done by in-depth interview, observation and documentation. Data analysis is done by focusing on the main things that become the focus of research, understanding, analyzing, drawing conclusions and presenting data. The data validity check is done by using triangulation of data from the combination of interview technique, observation and documentation. The theories used in this study are pedagogical competence according to Government Regulation No. 74 year 2008 article 3 stating that pedagogic competence is the ability of teachers in managing learners that at least include: 1) understanding of insight or educational foundation, 2) understanding of learners , 3) curriculum or syllabus development, 4) learning design, 5) implementation of educational and dialogical learning, 6) utilization of learning technology, 7) evaluation of learning outcomes. The research results show 1) Explicitly the teacher has understood the characteristics of learners in the physical, moral, spiritual, social, cultural, emotional, and intellectual aspects well, 2) The formulation of teacher competence is good because using operational verbs (measurable in the form of results) Relevant to the competency standard, the determination and the organization of the material has been well trying to select the essential material that must be mastered by students to achieve basic competence, 3) In the implementation process of learning in PAI family, teachers have fulfilled the rules specified in Permendiknas No 16 2007 and Permendikbud No. 22 year 2016, 4) PAI subject teachers have conducted holistic authentic and sustainable authentic teaching principles, ie, the assessments made by the teacher cover all aspects of competence and by using various assessment techniques appropriate to the competencies that the learners must master Keywords: Implementation of curriculum 2013, pedagogic competence. [ABSTRAK] Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Terkait dengan implemenasi kurikulum 2013, bagaimana kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Latar belakang pentingnya penelitian ini 1) selama tiga tahun terakhir penerapan kurikulum 2013 masih ditemukan guru yang belum memahami cara mengimplementasikan kurikulum tersebut, 2) kemampuan kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran menjadi hal yang sangat krusial dalam proses KBM, jika tidak dilaksanakan dengan benar maka berarti guru tersebut gagal dalam mendidik murid, 3) MIN Tempel Yogyakarta menjadi salah satu contoh sekolah model penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian filed research dengan pendekatan deskriptif kualitatif, mengambil latar MIN Tempel Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah orang yang akan dimintai informasi terkaitan dengan objek yang akan diteliti. Pemilihan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal pokok yang menjadi fokus penelitian, memahami, menganalisa, menarik kesimpulan dan menyajikan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakankan triangulasi data dari penggabungan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan 1) Secara eksplisit guru telah memahami karakteristik peserta didik dalam aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dengan baik, 2) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan format Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 juga sudah menggunakan kata kerja operasional (dapat diukur berupa hasil), relevan dengan standar kompetensi, penentuan dan organisasi materi sudah baik berupaya memilih materi esensial yang harus dikuasai siswa untuk mencapai kompetensi dasar, 3) Dalam proses implementasi pembelajaran pada rumpun PAI, guru telah memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditentukan dalam Permendiknas No 16 tahun 2007 dan Permendikbud No 22 tahun 2016, 4) Guru mata pelajaran rumpun PAI telah melaksanakan kaidah-kaidah penilian autentik secara Holistik dan berkesinambungan, yaitu penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup semua aspek kompetensi dan dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Kata Kunci: Implementasikurikulum 2013, kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementation of curriculum 2013, pedagogic competence, Implementasikurikulum 2013, kompetensi pedagogik.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 09:10
Last Modified: 17 Oct 2017 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum