MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di MIN 2 YOGYAKARTA DAN MI MA’HAD AL ISLAMY YOGYAKARTA)

JEFRYADI, NIM. 1502420013 (2017) MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di MIN 2 YOGYAKARTA DAN MI MA’HAD AL ISLAMY YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di MIN 2 YOGYAKARTA DAN MI MA’HAD AL ISLAMY YOGYAKARTA))
1520420013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS di MIN 2 YOGYAKARTA DAN MI MA’HAD AL ISLAMY YOGYAKARTA))
1520420013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (655kB)

Abstract

Model Pembelajaran tematik integratif berbasis kurikulum 2013 merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran ke dalam sebuah tema pembelajaran yang menggunakan pendekatan antar bidang studi untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini memerlukan sarana prasarana yang memadai dan konsep pemahaman guru yang matang. Keterpaduan serta keberhasilan dalam model pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek pemahaman terhadap model pembelajaran, aspek strategi pembelajaran, dan aspek penggunaan media dalam pembelajaran. Karena setiap guru memiliki ciri khas masing-masing dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa, guna mencapai tujuan pembelajaran. Maka dari itu penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana penerapan model pembelajaran tematik integratif berbasis kurikulum 2013 di MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟had Islamy Kotagede Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan terhadap model pembelajaran tematik integratif, strategi yang diterapkan serta media yang digunakan guru dalam penerapan model pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini dikategorikan pada jenis penelitian lapangan ( Field Research) yang bersifat deskriftif dengan motode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori tentang model pembelajaran tematik integratif kemudian dilanjutkan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kedua lembaga ini telah menerapkan model pembelajaran tematik integratif dengan baik. Penguasaan guru terhadap model pembelajaran serta cara-cara yang digunakan guru dalam mengaitkan materi pembelajaran sudah baik sehingga pembelajaran tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh dan bermakna bagi peserta didik. Kemudian strategi yang digunakan guru dalam kegiatan merencanakan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti serta kegiatan penutup cukup beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Media yang digunakan memiliki ciri khas masing-masing dan selalu disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. Meskipun memiliki perbedaan dalam strategi pembelajaran serta media yang digunakan dalam mengajar akan tetapi, memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai kesuksesan dalam mengajar sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai dan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Kata Kunci: Model Tematik Integratif, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Munip M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Tematik Integratif, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 09:39
Last Modified: 17 Oct 2017 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item