KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI MIN TEMPEL SLEMAN DAN MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL

AHMAD ZAINAL ABIDIN, NIM : 1520420025 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI MIN TEMPEL SLEMAN DAN MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI MIN TEMPEL SLEMAN DAN MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL)
1520420025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN HUMANISTIK DI MIN TEMPEL SLEMAN DAN MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL)
1520420025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan dasar merupakan faktor utama sukses dan tidaknya pendidikan. Untuk mewujudkan pendidikan yang terbebas dari tindak pelanggaran, perspektif pendidikan harus dirubah dari yang sifatnya menuntut menjadi lentur, pendidikan harus mempertimbangkan keadaan fisik maupun psikis peserta didik. Karena peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda. Oleh sebab itu, guru harus memahami semua gejala yang dialami anak didiknya. Dengan demikian pendidikan harus berorientasi memandang manusia secara utuh. Manusia merupakan makhluk yang memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda. Dengan adanya pandangan seperti itu, pendidikan harus memiliki kompetensi yang menunjang pendidikan humanistik. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas 5 B MIN Tempel dan guru kelas 5 MI Ma’arif Giriloyo 1 dan relevansinya dengan pendidikan humanistik. Untuk mendapatkan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, kompetensi pedagogik guru kelas 5 B MIN Tempel Sleman dan guru kelas 5 MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul ada relevansinya dengan pendidikan humanistik. Hal ini terbukti (1) Guru kelas bersikap demokratis dalam menjalankan sistem pembelajaran. Hal demikian terbukti pertama, melalui terpenuhinya hak peserta didik untuk menerima dan mendapat pemahaman materi. Guru juga memberi kesempatan bertanya berkaitan dengan materi yang belum paham di luar KBM. Kedua, keinginan guru kelas atas kesetaraan pemahaman peserta didik terhadap materi. Ketiga, guru kelas juga melibatkan semua anak didiknya untuk mengikuti seleksi dalam mengikuti sebuah kompetisi. Keempat, adanya kesepakat dengan pihak lain dalam menjalankan dan membuat agenda yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran.(2) Dalam menciptakan kemandirian peserta didik guru kelas melaksanakan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik yaitu dengan penerapan pembelajaran berkelompok dan pemberian proyek.(3)Sistem pembelajaran yang diprogamkan guru kelas menekankan pada proses dan priotitas pemahaman materi. (4)Dalam setiap agenda pembelajaran, guru kelas selalu memposisikan diri mereka sebagai pemandu, pembimbing atau fasilitator. (5)Usaha guru kelas untuk memahami keunikan, perbedaan karakter peserta didiknya diantaranya melalui; pendampingan intensif, bertanya kepada wali murid melalui forum komunikasi antar guru kelas dan wali murid. Adanya pemahaman guru kelas terhadap peserta didik membawa dampak perlakuan guru kelas terhadap peserta didik dan guru kelas dalam bertindak selalu memperhatikan keadaan peserta didik. Kata kunci: Kompetensi pedagogik dan Pendidikan Humanistik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik dan Pendidikan Humanistik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:10
Last Modified: 17 Oct 2017 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27541

Actions (login required)

View Item View Item