INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Nurul Huda, NIM. 1520420028 (2017) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1520420028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
1520420028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya anggapan bahwa pendidikan karakter hanya menjadi tanggung jawab dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan. Seharusnya bisa menjadi tanggung jawab semua mata pelajaran salah satunya IPA. Di dalam proses pembelajaran tidak hanya dalam ranah kognitif saja yang di nilai, melainkan aspek afektif perlu diperhatikan. Selain itu literasi sains juga perlu di kembangkan setiap siswa. Sehingga siswa memiliki prestasi yang tinggi serta sikap yang baik. SDIT Salsabila 3 Banguntapan telah menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA guna mewujudkan peserta didik yang cakap, cendikia dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan dan merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Metode analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggnakan teknik triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori mengenai internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA. Di dalamnya termuat tentang urgensi dari internalisasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran IPA serta dengan bebrbagai cara yang bisa digunakan dalam menumbuh kembangkan pendidikan karakter pada peserta didik melalui mata pelajaran IPA, serta bagaimana cara guru dalam menilai sikap yang dimiliki siswa apakah sudah sesuai dengan karakter yang terinternalisasi pada mata pelajaran IPA yang dilihat melalui dampak yang terjadi dari internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) urgensi internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA untuk mewujudkan visi dan misi dari SDIT Salsabila 3 Banguntapan yaitu cakap, cendekia dan berakhlaq mulia, sehingga diharapkan lulusan pintar aspek kognitif, afektif dan psikomotor (2) model pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Model yang digunakan meliputi model pembelajaran inquiri, salingtemas, berbasis masalah, pembelajaran langsung, pendekatan saintifik, (3) dampak dari internalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA di SDIT Salsabila 3 Banguntapan adalah ada perubahan sikap yang dialami oleh siswa seperti karakter religius, disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, kreatif, aktif, tidak mudah putus asa dan logis. Kata kunci: pendidikan karakter, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 10:51
Last Modified: 17 Oct 2017 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27544

Actions (login required)

View Item View Item