KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Husni Muslim, NIM: 1520420031 (2017) KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA YOGYAKARTA)
1520420031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA YOGYAKARTA)
1520420031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Deskripsi Kompetensi professional Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se Kota Yogyakarta (MIN 2 Yogyakarta dan Ma’had Islamy) dan Kebijakan Kantor Kementerian Agama dalam meningkatkan Kompetensi Profesional guru PAI tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian lapangan (Field work research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, Display data, Verifikasi. Uji kebsahan data dalam penelian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjiukan bahwa secara umum, Kompetensi professional Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se Kota Yogyakarta yang berjumlah tiga belas orang ini sudah cukup baik, namun perlu tingkatkan lagi terutama dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Sebab baru empat dari tiga belas orang guru PAI yang telah melanjutkan ke jenjang magister. Namun disamping itu, secara keseluruhan mereka aktif pada setiap pelatihan- pelatihan dan aktif juga mengikuti kelompok kerja guru (KKG). Selain itu, mereka juga perlu diperhatikan dan di tingkatkan lagi dalam memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari terutama dalam proses pembelajaran sebagai sarana pembelajaran. Serta hal yang paling urgen adalah penempatan tugas guru Pendidikan Agama Islam perlu dipertimbangkan lagi, sebab mereka sangat qualified ketika menyampaikan materi yang sesuai bacround pendidikan mereka namun belum maksimal ketika menyampaikan materi lainnya terutama matematika. Kebijakan Kantor Kementerian Agama dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI di MI se kota Yogyakarta meliputi: 1) Pemberdayaan Pengawas madrasah, 2) Pemberdayaan Kelompok Kerja Kepala Madrasah, dan 3) Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru/KKG, serta 4) Pemberdayaan guru PAI. Keempat butir kebijakan ini masih perlu diperhatikan dan dikembangkan secara lebih serius lagi yang tentunya harus dilakukan secara kontiniu. Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Kompetensi Profesional Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan, Kompetensi Profesional Guru.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:09
Last Modified: 17 Oct 2017 07:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27552

Actions (login required)

View Item View Item