METODE MY FUN MATH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA

Eka Hardiyanti, NIM: 1520420033 (2017) METODE MY FUN MATH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (METODE MY FUN MATH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA)
1520420033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE MY FUN MATH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA)
1520420033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This research aims to determine : (1) application of the method of my fun math on math learning to the character formation of student. (2) the influence of my fun math methods in terms of the principle component of my fun math learning the language of communication, use of props, is process-oriented and use my fun math book to feeling happy of student. (3) influence between feeling happy about the character of students. (4) influence between methods of my fun math in terms of the principle component of my fun math learning the language of communication, use of props, is process-oriented and use my fun math book to the character of students. This research conducted in elementary schools of Juara Yogyakarta with a sample of 54 students. Data collecion techniques using observation, interviews, questionnaries and documentation. Whereas the data analysis methods used are qualitative and quantitative data analysis. The first step, the researcher conducted an analysis of qualitative data to produce the findings of the hypothesis, the hypothesis was tested later findings with quantitative data analysis. The result of research showed that :1) language of communication and process-oriented learning positive effect on students feeling of pleasure. My fun math book use a negative influence on feeling of happy students. The use of props has no effect on the feeling of happy students. 2) process-oriented learning positive effect to the character of students. While language of communication, use of props and use my fun math book no effect to the character of students. 3) feeling happy students were able to broker influence language of communication, use of props, is process-oriented and use my fun math book to the character of students through on the feeling of happy students. Keywords : methods of My Fun Math, character of students, feeling of happy students. [Indonesia] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan metode My Fun Math pada pembelajaran matematika guna pembentukan karakter peserta didik. (2) pengaruh antara metode My Fun Math ditinjau dari komponen prinsip My Fun Math yang menggunakan bahasa komunikasi pembelajaran, penggunaan alat peraga, berorientasi pada proses, dan penggunaan buku My Fun Math terhadap perasaan senang peserta didik. (3) pengaruh antara perasaan senang terhadap karakter peserta. (4) pengaruh antara metode My Fun Math ditinjau dari karakteristiknya yang menggunakan bahasa komunikasi pembelajaran, penggunaan alat peraga, berorientasi pada proses, dan penggunaan buku My Fun Math terhadap karakter peserta didik Penelitian ini dilakukan di SD Juara Yogyakarta dengan menggunakan sampel sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Langkah pertama peneliti melakukan analisis data kualitatif, sehingga menghasilkan temuan hipotesis, kemudian temuan hipotesis diuji dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahasa komunikasi pembelajaran, dan berorientasi pada proses berpengaruh positif terhadap perasaan senang peserta didik. Penggunaan buku My Fun Math berpengaruh negatif terhadap perasaan senang. Penggunaan alat peraga tidak berpengaruh terhadap perasaaan senang peserta didik, 2) berorientasi pada proses berpengaruh positif terhadap karakter peserta didik, sedangkan bahasa komunikasi pembelajaran, penggunaan buku My Fun Math, penggunaan buku My Fun Math tidak berpengaruh signifikan terhadap karakter peserta didik, 3) perasaan senang peserta didik mampu memediasi pengaruh bahasa komunikasi pembelajaran, penggunaan buku My Fun Math, berorientasi pada proses, penggunaan buku My Fun Math terhadap karakter peserta didik sehingga pengaruh bahasa komunikasi pembelajaran, penggunaan buku My Fun Math, berorientasi pada proses, penggunaan buku My Fun Math terhadap karakter peserta didik dapat melalui perasaan senang siswa. Kata kunci : metode My Fun Math, karakter peserta didik, perasaan senang

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode My Fun Math, karakter peserta didik, perasaan senang
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:13
Last Modified: 18 Oct 2017 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum