NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Yanuar Yoga Pradana, NIM. 1520421013 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016-2017)
1520421013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016-2017)
1520421013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Yanuar Yoga P S.Pd.I. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Ma’arif NU 1 Pageraji”. Tesis. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Program Magister (S2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017, Pembimbing : Dr. Imam Machali,S.Pd.,M. Pd. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penanaman karakter pada siswa. Mengingat bahwa penanaman dan nilai hidup merupakan proses. Pendidikan nilai karakter di MI Ma’arif NU 1 Pageraji ini tidak hanya pada kegiatan pembelajaran saja, melainkan juga diterapkan melalui ekstrakurikuler. Kegiatan ini diikuti peserta didik sesuai bakat dan minat siswa secara terjadwal dan fleksibel. Kegiatan ini memperhatikan kemajuan kegiatan ekstrakurikuler, kedalaman dan ritme dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Metode analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori mengenai nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler. Di dalamnya terdapat proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler,nilai-nilai yang diperoleh dari pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler. Bagaimana cara guru dalam menilai sikap yang dimiliki siswa sesuai dengan nilai – nilai karakter pada setiap kegiatan ekstrakurikuler. Serta dampak yang terjadi dari nilai-nilai pendidikan pada kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kegiatan ekstrakurikuler di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dilaksanakan sesuai dengan bakat minat yang dimiliki siswa,serta pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler menciptakan hal positif terhadap pembentukan dan pengembangan karakter siswa, (2) nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan memberi sumbangan terhadap pengembangan dan pendidikan karakter siswa. Karakter mengindikasikan bahwa setiap individu siswa memiliki kecerdasan dalam taraf tertentu yang tercermin dari perilakunya (3) dampak dari nilai-nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler adalah ada perubahan sikap yang dialami oleh siswa, seperti karakter jujur, religius, kerja keras,tanggung jawab,mandiri, kreatif, aktif, disiplin dan toleransi. Kata kunci: pendidikan karakter, ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali.,S.Pd.I,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, ekstrakurikuler
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:38
Last Modified: 18 Oct 2017 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27567

Actions (login required)

View Item View Item