STRATEGI PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN TANJUNGSARI KEBUMEN

Faiz Barohinul Umam, NIM: 15210421019 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN TANJUNGSARI KEBUMEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN TANJUNGSARI KEBUMEN)
1520421019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN TANJUNGSARI KEBUMEN)
1520421019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah soft skills merupakan salah satu aspek terpenting dalam mencapai kesuksesan yang perlu ditanamkan sejak dini khususnya melalui lembaga pendidikan formal. MIN Tanjungsari merupakan sekolah yang mengembangkan kemampuan soft skills melalui pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran dari kurikulum 2013.Siswa siswi MIN Tanjungsari masih rendah dalam ketrampilan komunikasi, kejujuran dan kerjasama. Ketrampilan tersebut merupakan atribut dari soft skills. Dalam hal berani bertanya, berani menyampaikan ide/gagasan, berani mengakui kesalahan, kedisiplinan dalam pembelajaran dan sulitnya siswa mengikuti aturan guru.Usia SD/MI adalah golden age, sehingga pendidikan pada masa itu sangat menentukan masa depan siswa. Untuk itu guru MIN Tanjungsari merancang strategi yang tepat dalam rangka mengembangkan kemampuan soft skills siswa dalam pembelajaran tematik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendektan desktiptif/ kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari atas reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verivikasi (conclusion drawing and verificattion). Soft skills adalah ketrampilan berkomunikasi, emosional, berbahasa, berkelompok, memiliki etika dan moral, santun dan ketrampilan berkomunikasi. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Strategi pengembangan soft skills adalah dengan mengintegerasikan atribut soft skills melalui strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran tematik. Desain pembelajaran harus efektif dan efisien. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran tematik mampu mengembangkan kemampuan soft skills siswa berupa komunikasi, kejujuran dan kerjasama. Melaui model cooperative learning, guru memberi tugas kelompok untuk berdiskusi. Diskusi merupakan cara yang tepat untuk mengembangkan kemampuan kerjasama siswa. Untuk mengembangkan kemampuan kejujuran dengan cara membimbing siswa untuk tepat waktu, menepati janji, menjaga disiplin, tugas mandiri, pengkoreksian serta menghindari kesempatan siswa berbohong. Kemudian, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan cara presentasi, membiasakan siswa membaca, tugas menulis, menjaga intonasi serta koreksi. Keberhasilan pengembangan soft skills juga dipengaruhi oleh konsep yang matang dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran. Sehingga peran guru merupakan sosok terpenting dalam pembelajaran. Kata kunci: Soft Skills, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 09:15
Last Modified: 18 Oct 2017 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum