PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

NURASIAH HASANAH, NIM. 13220011 (2017) PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
13220011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
13220011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, tim pendamping literasi dan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah jenis-jenis program literasisekolah dan upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang jenis-jenis program literasi sekolah dan upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis program literasi sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Yogyakarta terbagi dua yaitu, membaca yang meliputi membaca nonpelajaran dan membaca kitab suci, dan menulis yang meliputi menulis rangkuman dan menulis esai. Sedangkan untuk upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Yogyakarta meliputi literasi menulis esai, bvimbingan dan konseling, dan home visit. Semua jenis kegiatan dilaksanakan di pagi hari sehingga menuntut siswa datang lebih awal. Hal inilah yang meminimalisir siswa datang terlambat pada jam pelajaran dimulai, ditambah terpenuhinya semua unsur kegiatan yang terdiri dari orang yang mengikuti kegiatan, metode, tempat, waktu dan materi kegiatan yang mendukung berhasilnya kegiatan literasi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Terdapat perubahan yang signifikan dengan adanya kegiatan literasi dan terpenuhinya semua unsur kegiatan literasi, siswa lebih disiplin dalam membaca dan menulis, serta siswa juga lebih tepat waktu datang ke sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Program Literasi Sekolah, Kedisiplinan siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2017 10:23
Last Modified: 18 Oct 2017 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum