KOLABORASI GURU BK DENGAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

ARDI WAHYU SAPUTRA, NIM. 13220062 (2017) KOLABORASI GURU BK DENGAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI GURU BK DENGAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID)
13220062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI GURU BK DENGAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID)
13220062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari masalah ini adalah masalah kedisiplinan khususnya datang terlambat masuk sekolah. Kedisiplinan menjadi masalah serius di SMA N 1 Kota Mungkid. Itu karena di sekolah tersebut sangat menjunjung tinggi nilainilai kedisiplinan. Kedisiplinan merupakan pondasi awal berjalannya proses belajar-mengajar yang baik. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan angka keterlambatan siswa masuk sekolah ini salah satunya dilakukan kolaborasi guru bimbingan dan konseling dengan wakilkepala sekolah bidang kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui seperti apa bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan antara guru bimbingan dan konseling dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 guru BK, siswa yang sering terlambat, dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Objek dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan guru BK dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa di SMA N 1 Kota Mungkid. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.analisi data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa di SMA N 1 Kota Mungkid ada 2 yaitu bentuk usaha formal dan bentuk usaha informal. Bentuk usaha formal yang dilakukan yaitu rapat koordinasi untuk menentukaan pembinaan berdasarkan pelanggaran siswa. Bentuk usaha informal meliputi (1) konseling individu, (2) konseling kelompok, (3) teguran, (4) nasihat, (5) pembinaan, (6) program buku pribadi siswa, (7) program kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kolaborasi guru bimbingan konseling, kedisiplinan siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2017 11:01
Last Modified: 18 Oct 2017 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum