PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL

Anom Wulansari, NIM. 10410026 (2017) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL)
10410026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL)
10410026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ANOM WULANSARI. Penerapan Penilaian Autentik ( Tekhnik Penilaian Kinerja) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA N 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya kurikulum sebagai salah satu bagian penting dalam dunia pendidikan terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Sebagai mana kurikulum yang terbaru yang sudah diberlakukan secara nasional, atau yang dinamakan dengan kurikulum 2013 atau kurikulum nasional. Pada kurikulum terbaru ini dikenalkan cara baru dalam hal penilaian bagi peserta didik yaitu yang disebut dengan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang mengarah kepada menilai seluruh kemampuan siswa secara autentik atau asli baik dari segi kognisi, afeksi, dan psikomotor. Didalamnya terdapat berbagai macam tekhnik yang bisa digunakan oleh guru untuk mengukur atau menilai kemampuan siswa. Dalam penelitian ini akan difokuskan pada penilaian dengan tekhnik kinerja yang sudah diterapkan oleh guru yang mengajar di SMA N 1 Bantul yang sudah disesuiakan dengan keadaan dilapangan dan sesuai dengan kebutuhan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian kinerja dengan instrumen ceklist dan skala penilaian serta kendala yang muncul pada pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA N 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Bantul menerapkan penilaian autentik dengan teknik penilaian kinerja (2) Teknik penilaian kinerja yang paling sering digunakan oleh guru adalah dengan instrumen ceklist ( daftar cek ) dan instrumen rating scale ( skala penilaian ), kedua instrumen ini digunakan oleh guru dalam menilai beberapa materi yang sudah diajarkan. Instrumen penilaian dibuat sendiri oleh guru dengan mempertimbangkan beberapa hal, misalnya : materi yang sedang dipelajari, indikator yang ingin dicapai, serta hasil yang ingin diketahui. (3) Dalam melaksanakan penilaian kenerja, baik itu saat menggunakan instrumen ceklist atau rating scale, guru seringkali berkreasi dengan cara mengkombinasikan penilaian dengan srategi yang lain, misalnya dengan meminta siswa menyiapkan materi yang bisa dipresentasikan kepada temannya, bisa berupa video atau slide. Hal ini dimaksudkan untuk menambah nilai bagi siswa juga untuk meningkatkan pemahaman siswa, serta mencegah kebosanan siswa lain saat penilaian, karena pada penilaian kinerja butuh waktu yang relatif lama untuk menilai satu siswa, terutama jika memakai instrumen rating scale. (4) Kendala yang ditemui pada pelaksanaan penilaian ini tidak terlalu menganggu pelaksanaan penilaian secara keseluruhan. Kata Kunci :Penilaian kinerja, daftar cek, skala penilaian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penilaian kinerja, daftar cek, skala penilaian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:47
Last Modified: 20 Oct 2017 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum