PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI METODE HIWAR (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi)

Laili Rahmawati, NIM.10410152 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI METODE HIWAR (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI METODE HIWAR (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi))
10410152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI METODE HIWAR (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi))
10410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Lali Rahmawati. Pembentukan Karakter Melalui Metode Hiwar (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Di era globalisasi ini, dunia pendidikan tengah dihadapkan pada sebuah tantangan besar. Sebuah teknologi hakikatnya digunakan untuk dapat memudahkan hidup manusia. Pada taraf tertentu hal tersebut akan sangat membantu dalam dunia pendidikan dengan memudahkan mendapat informasi dari berbagai sumber. Pun dampak positif tersebut berdampingan dengan dampak negatif yang ditimbulkan. Salah satu teknologi yang paling awam ditemukan adalah piranti internet. Pada dasarnya, metode pendidikan Islam sangat efektif dalam membina kepribadian anak didik dan memotivasi mereka sehingga aplikasi metode ini dapat membuka hati manusia untuk menerima petunjuk Ilahi dan konsep-konsep peradaban Islam. Terdapat beragam metode yang dapat diterapkan baik oleh orang tua maupun guru dalam upaya pembelajaran dan pembentukan karakter. Abdurrahman An-Nahlawi, seorang tokoh besar dalam dunia pendidikan Islam, menyebutkan setidaknya terdapat tujuh metode pembelajaran dalam bukunya Usulut Tarbiyah Islamiyyah wa Asalibiha Fil Baiti wal Madrasati wal Mujtama’ yang dapat digunakan. Ketujuh metode tersebut adalah metode hiwar, kisah, perumpamaan, keteladanan, praktik dan perbuatan, ibrah dan mauizhah, serta targib dan tarhib. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, yaitu suatu penelitian yang lebih menitik beratkan pada pembahasan yang bersifat literer. upaya menafsirkan isi dan ide atau gagasan dari Abdurrahman An-Nahlawi mengenai metode hiwar menggunakan analisis interaktif Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Abdrurrahman An-Nahlawi mendefinisikan metode hiwar adalah percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih melalui tanya jawab mengenai suatu topik yang mengarah pada suatu tujuan pembicaraan. Metode hiwar menurut Abdurrahman An- Nahlawi dapat dibagi menjadi beberapa macam diantaranya adalah: (1) Hiwar Khitabi atau Ta’abbudi; (2) Hiwar Washfi (Dialog Deskriptif); (3) Hiwar Qishasi (Dialog Naratif); (4) Hiwar Jadali (Dialog Argumentatif); dan (4) Hiwar Nabawi. Metode yang dikemukakan oleh An-Nahlawi relevan untuk membentuk karakter peserta didik. Karakter yang dimaksud adalah Religius, Jujur, Toleransi, Kreatif, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Kata kunci: metode, metode hiwar, karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: metode, metode hiwar, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:12
Last Modified: 23 Oct 2017 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item View Item