UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA YANG TERPENGARUH TAYANGAN TELEVISI DI SDN I KANIGORO SAPTOSARI GUNUNGKIDUL

PUTRI DARMAWATI, NIM. 10411072 (2017) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA YANG TERPENGARUH TAYANGAN TELEVISI DI SDN I KANIGORO SAPTOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA YANG TERPENGARUH TAYANGAN TELEVISI DI SDN I KANIGORO SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
10411072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA YANG TERPENGARUH TAYANGAN TELEVISI DI SDN I KANIGORO SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
10411072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PUTRI DARMAWATI “Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Yang Terpengaruh Tayangan Televisi Di SDN 1 Kanigoro Saptosari Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada era globalisasi ini masyarakat tidak dapat menolak adanya teknologi, perkembangan teknologi memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi tersebut adalah televisi, dengan adanya televisi manusia dapat terbantu untuk mendapatkan informasi yang akurat. Televisi memiliki dampak positif dan juga negative bagi anak-anak yang masih berada dibangku sekolah. Sebagian waktu mereka digunakan untuk menghabiskan tayangan televisi sehingga kegiatan belajar mereka menjadi berkurang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi bekajar akidah akhlak siswa di SDN I Kanigoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SDN I Kanigoro Saptosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah Kepala sekolah, Guru PAI, Petugas tata usaha dan siswa. sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data yaitu : membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analiis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran, upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu menjelaskan tujuan belajar ke siswa, membangkitkan minat siswa, menggunakan metode yang bervariasi, menyemangati siswa agar rajin belajar, menciptakan suasa tenang, senang, dan budaya tidak takut dan malu dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak, Tayangan Televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak, Tayangan Televisi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 14:11
Last Modified: 23 Oct 2017 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum