PENGGUNAAN PRESENTASI POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN

Rumaisha Nur Fatin, NIM. 13410009 (2017) PENGGUNAAN PRESENTASI POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN PRESENTASI POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN)
13410009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN PRESENTASI POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN)
13410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini adalah bahwa peran teknologi melalui media pembelajaran dapat membantu dalam proses pembelajaran termasuk media presentasi PowerPoint, aplikasi tersebut digunakan guru sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Aqidah Akhlak untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunan media media presentasi power point, mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan media media presentasi power point dan mengetahui problematika penggunaan media media presentasi power point. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian diskriptif yang panjang dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penggunaan media presentasi power point pada pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Sleman berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan tumbuhnya motivasi belajar dalam proses pembelajaran dengan penggunaan media berbasis komputer. 2) Pembelajaran dengan menggunakan media media presentasi power point mempunyai dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang peneliti ketahui bahwa hasil belajar dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat meningkat dilihat dari nilai ulangan harian, keaktifan, dan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Problematika yang ada antara Lain 1) Pendukung: Sudah terdapat LCD dan layar LCD pada setiap kelas, Membantu mempermudah pembelajaran bagi siswa dan memudahkan mengajar bagi guru, Memberikan pengalaman yang nyata, Menarik perhatian siswa dalam belajar, Siswa lebih termotivasi dalam belajar, Lama waktu belajar dapat dipersingkat. 2) Problematika, pertama, matinya listrik ketika pembelajaran. kedua, Strategi guru dalam mengajar yang masih kurang. ketiga, terbentur waktu dengan pelaksanaan ujian try out atau ujian praktek pada kelas IX, jadi pembelajaran Akidah Akhlak bagi kelas VII tidak setaap saat menggunakan media presentasi PowerPoint. Kata Kunci: Penggunaan Media Presentasi Power Point

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Presentasi Power Point
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 14:47
Last Modified: 24 Oct 2017 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum