PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA KAMPUNG PRODUSEN KNALPOT (Studi Kasus Pendidikan Informal di Kampung Pesayangan, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga)

SYARA MIA NURLIANA, NIM. 13410015 (2017) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA KAMPUNG PRODUSEN KNALPOT (Studi Kasus Pendidikan Informal di Kampung Pesayangan, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA KAMPUNG PRODUSEN KNALPOT (Studi Kasus Pendidikan Informal di Kampung Pesayangan, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga))
13410015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA KAMPUNG PRODUSEN KNALPOT (Studi Kasus Pendidikan Informal di Kampung Pesayangan, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga))
13410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada PAI remaja di kampung Pesayangan Produsen Knalpot Purbalingga. Pendidikan Agama Islam yang dibangun dari keluarga, masyarakat dan lingkungan dengan budaya yang senang bekerja sehingga rata-rata remaja di kampung Pesayangan mengorbankan untuk meninggalkan pendidikannya di sekolah serta keadaan yang memprihatinkan tentang pendidikan agama bagi remaja di sana. Di samping itu, peran generasi tua atau orang tua sangat penting terhadap pelaksanaan PAI pada remaja di mana orang tua seharusnya mendukung dalam hal pendidikannya akan tetapi dalam kenyataannya orang tua justru membiarkan anaknya putus sekolah dan lebih memusatkan perhatiannya pada persoalan bagaimana menambah pemasukan keluarga yang lebih besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar tempat di kampung Pesayangan Purbalingga. Subyek penelitian ini adalah remaja laki-laki yang ada di kampung Pesayangan yang berumur 13-22 tahun kemudian mereka sudah bekerja membuat knalpot. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan PAI bagi remaja di kampung Pesayangan tidak berjalan secara maksimal dikarenakan kurangnya minat dari anak atau malas terhadap kegiatan-kegiatan yang berbau agama serta kurangnya dorongan dari orang tua dalam mendukung anak mengikuti kegiatan keagamaan disana. 2) pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam telah di sampingkan bagi remaja di kampung Pesayangan, hal tersebut dikarenakan mereka lebih mementingkan kepada bisnis yang mereka jalani daripada harus melaksanakan pendidikan dengan alasan jika bekerja akan mendapatkan uang tetapi jika sekolah hanya membuang uang dan capek. 3) orang tua menganggap bahwa PAI sangat penting bagi anaknya yang masih remaja, karena sebagai pegangan hidup agar tidak terbawa arus yang membawa ke dalam hal-hal yang negatif terutama dalam pendidikan akhlaknya. Namun kenyataannya, anggapan PAI yang sangat penting tersebut tidak dibarengi dengan memberikan PAI yang maksimal terhadap anak, hanya memberikan sebatas pengertian dan nasehat saja. Kata Kunci: Problematika, Pendidikan Agama Islam, Remaja, Kampung Produsen Knalpot, Pendidikan Informal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pendidikan Agama Islam, Remaja, Kampung Produsen Knalpot, Pendidikan Informal.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 15:44
Last Modified: 23 Oct 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum