KORELASI TAḤFĪẒUL QUR‘AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Devi Arviana, NIM. 13410020 (2017) KORELASI TAḤFĪẒUL QUR‘AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KORELASI TAḤFĪẒUL QUR‘AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KORELASI TAḤFĪẒUL QUR‘AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dengan hafal Al-Qur‘an, anak didik akan termotivasi untuk memahami maknanya dan menghubungkan dengan kehidupan serta benar-benar mampu menjadikannya sebagai petunjuk dalam setiap problem hidup. Namun realitanya, masih ada siswa yang yang belum memahami makna yang terkandung di dalam Al-Qur‘an, sehingga kenakalan remaja masih saja terjadi. Siswa yang memiliki hafalan banyak pun juga tidak semuanya memiliki prestasi keagaaman yang tinggi. Hal ini dapat dilihat pada hasil prestasi nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sejak pertama kali diadakan Taḥfīẓul Qur‘an di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta juga belum pernah ada penelitian yang membahas terkait korelasinya dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang korelasi Taḥfīẓul Qur‘an dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis meliputi analisis deskriptif, analisis deskriptif, uji normalitas, analisis korelatif, dan analisis hipotesis. Pelaksanaan Taḥfīẓul Qur‘an dibagi menjadi tiga bagian. Ini dimulai dari persiapan yang berupa pengkondisian kelas untuk memulai pembelajaran, dilanjutkan persiapan yang merupakan inti dari pembelajaran dan ditutup dengan evaluasi untuk mengetahui hasil capaian hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, capaian nilai Taḥfīẓul Qur‘an dengan kategori kurang: 21.28%, Cukup baiik: 44.68%, dan Baik: 34.04% Prestasi Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dibagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, capaian nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kategori kurang: 19.15%, Cukup baik: 36.17%, dan Baik: 44.68%. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data penelitian dengan menggunkan uji normalitas menghasilkan signifikansi data X= 0,50 dan Y= 0,605 yang semuanya berjumlah lebih dari α (o,oo5). Ini menunjukkan adalah Sedangkan pada analisis korelasi dan menghasilkan nilai 0,717. Ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang sangat kuat antara Taḥfīẓul Qur‘an dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Dari hal tersebut, maka hipotesis yang berbunyi: ada korelasi yang signifikan antara Taḥfīẓul Qur‘an dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta ‚diterima‛ dan hipotesis kerja (H0) ‚ditolak‛. Kata kunci: Taḥfīẓul Qur‘an , prestasi belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Taḥfīẓul Qur‘an , prestasi belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 15:50
Last Modified: 23 Oct 2017 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum