UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANGUNTAPAN

SUBLI SALAM, NIM. 13410044 (2017) UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
13410044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BANGUNTAPAN)
13410044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SUBLI SALAM. Upaya Guru PAI Dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Nilai- Nilai Karakter Religius Kepada Peserta didik di SMA N 1 Banguntapan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah semakin menurunnya moral pada generasi bangsa yang disebabkan oleh krisisnya karakter religius oleh masingmasing individu. Indonesia saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar, yaitu desentralisasi atau otonomi daerah yang saat ini sudah dimulai, dan era globalisasi total yang akan terjadi. Guru PAI merupakan jawaban dari masalah tersebut dengan mengupayakan diri dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius kepada peserta didik, agar peserta didik tidak terpengaruh dengan tantangan zaman namun tetap pada karakternya yang religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter religius, serta faktor pendung dan penghambat yang akan dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius kepada peserta didik di SMA N 1 Banguntapan. Peneitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan data ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini meunjukkan upaya guru PAI dan budi pekerti dalam penanaman nilai-nilai karakter religius melalui nilai yang dikembangkan dan beberapa nilai-nilai yang diterapkan. Nilai yang dikembangkan ialah Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya atau berakhlak mulia serta rajin ibadah. Dan nilai-nilai yang diterapkan diantaranya nilai rajin ibadah, toleransi, dan hidup rukun. Sedangkan dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius bebrapa program yang dilakukan oleh guru PAI diantara lain seperti program harian diantaranya: shalat dhuha, shalat zuhur, salaman pagi, tadarus pagi. Program mingguan: shalat jumat, kajian, kegiatan BTAQ (Baca Tulis Al-qur’an). Program bulanan seperti melakukan pengajian secara keliling di setiap rumah peserta didik. Program tahunan yang dilakukan secara insidental oleh sekolah dalam bentuk maulid Nabi, isra miraj, pesentren kilat, bakti sosial, nujulul qur’an, dan pengumpulan serta pembagian zakat fitrah. Sedangkan faktor pendukung diantaranya: tempat ibadah yang luas dan cukup, waktu istrahat yang cukup untuk ibadah, sebagian besar guru dan karyawan beragama Islam, banyak poster religius yang dipajang, peserta didik yang berakhlak baik dan santun, motivasi dan komitmen guru PAI, keteladanan guru PAI, partisipasi semua pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat: kurang dukungan orang tua tentang kehidupan beragama, dan perilaku peserta didik yang malas dan ramai. Kata Kunci: PAI, Karakter, Religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, SS, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: PAI, Karakter, Religius.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Oct 2017 10:34
Last Modified: 24 Oct 2017 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum