PENGARUH SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS IV CIMIPA HASAN AL RAMMAH DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

AMS NURHIDAYAH, NIM. 1320421045 (2017) PENGARUH SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS IV CIMIPA HASAN AL RAMMAH DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS IV CIMIPA HASAN AL RAMMAH DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1320421045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS IV CIMIPA HASAN AL RAMMAH DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
1320421045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Adanya tuntutan pengembangan kompetensi dan revitalisasi pembelajaran sains sehingga diperlukan penerapan scientific learning meliputi aktivitas guru dan siswa secara aktif menciptakan pembelajaran bermakna. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan, guru kelas IV CIMIPA Hasan Al Rammah tahun 2016/2017 menerapkan scientific learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh scientific learning terhadap kompetensi siswa kelas IV CIMIPA Hasan Al Rammah di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan subjek penelitian guru kelas IV CIMIPA Hasan Al Rammah, siswa kelas IV CIMIPA Hasan Al Rammah yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, rating scale, wawancara,. Teknik analisis data yaitu uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji linieritas, korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan scientific learning guru sebesar 84 % kategori sangat baik, kemampuan scientific learning siswa 84,6 % kategori sangat baik. Kompetensi kognitif siswa sebesar 84,6 % kategori sangat baik, kompetensi afektif siswa sebesar 81,2 % kategori sangat baik, kompetensi psikomotorik siswa sebesar 74,7 % kategori baik. Pengaruh scientific learning siswa terhadap kompetensi siswa sebagai berikut: Didapat nilai r hitung 0,762, artinya hubungan scientific learning siswa dengan kompetensi kognitif termasuk kuat dan nilai R Square sebesar 0,580, artinya melalui aktivitas scientific learning siswa, dapat meningkatkan kompetensi kognitif sebesar 58 %, sedangkan sisanya 42 % dipengaruhi oleh faktor lain. Didapat nilai r hitung 0,903, artinya hubungan scientific learning siswa dengan kompetensi afektif termasuk sangat kuat dan nilai R Square sebesar 0,816, artinya melalui aktivitas scientific learning siswa, dapat meningkatkan kompetensi afektif sebesar 81,6 %, sedangkan 18,4 % dipengaruhi faktor lain. Didapat nilai r hitung 0,454 artinya hubungan scientific learning siswa dengan kompetensi psikomotorik siswa termasuk sedang dan nilai R Square sebesar 0,207, artinya melalui aktivitas scientific learning siswa, dapat meningkatkan kompetensi psikomotorik sebesar 20,7 %, sedangkan 79,3 % dipengaruhi faktor lain

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Zuhdan Kun Prasetya, M.Ed.,
Uncontrolled Keywords: Scientific Learning, Kompetensi Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:49
Last Modified: 25 Oct 2017 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item View Item