KETERKAITAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA (STUDI PROSES PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

NURLAIHA IBRAHIM, S PD, NIM. 1420420002 (2017) KETERKAITAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA (STUDI PROSES PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KETERKAITAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA (STUDI PROSES PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
1420420002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETERKAITAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA (STUDI PROSES PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
1420420002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterkaitan antara penerapan pendekatan saintifik yang digunakan sekolah dengan kompetensi literasi sains siswa (kajian atas proses pembelajaran sains di kelas V SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta) tema 2 “. Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian mixed method, dengan menggunakan desain Concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif secara tidak berimbang, penggunaannya secara bersama-sama dalam waktu yang sama, tetapi independen dalam menjawab rumusan masalah yang sejenis. Untuk mengumpulkan informasi, penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi yang berfungsi untuk menilai keterkaitan keterampilan proses dasar sains siswa dan kompetensi literasi sains siswa, kuisioner untuk melihat respon siswa terhadap aktivasi siswa selama pembelajaran dengan pendekatan saintifik serta kompetensi literasi sains yang disebarkan kepada 24 siswa dari 75 siswa/i kelas V SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta yang dilakukan dengan menggunakan skala likert dan kemudian dikonversikan ke dalam data kuantitatif. Namun, yang menjadi data utama adalah data yang diperoleh melalui observasi, sedangkan data yang diperoleh dari kuisioner, serta wawancara, dan dokumentasi hanya sebagai data pendukung. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kontinum, yang dikumpulkan melalui skala likert (katergori data interval), sehingga uji analisi statistik yang digunakan adalah jenis analisis pearson correlation. Selantujnya, semua data yang telah diperoleh dipilih serta dilakukan uji validitas, relibilitas dan uji normalitas terhadap semua jenis data yang telah dikonversi ke kuantitatif sebelum dilakukan uji regresi linear sederhana serta sebelum melakukan uji hubungan atau keterkaitannya. Hasil uji validitas dan realibilitas terhadap data yang diperoleh melalui lembar observasi tersebut adalah sebesar 0,831 dan 0,670 untuk variabel X dan Y, yang artinya hasil uji data memenuhi standar untuk melakukan uji regresi, dimana standar yang menjadi patokan adalah 0,6 – 0,8. Selanjtnya untuk menentukkan apakah data tersebut terdistribusi normal atau tidak maka dilakukan uji Shapiro Wilk Test atau Kolmogrov-Smirnov Test, yang lebih dikenal dengan T.tes. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan nilai signifikan lebih dari 0,05 (0,662 0, 224). Sehingg, distribusi data dua variabel tersebut adalah normal yang mengandung makna syarat untuk melakukan uji regresi telah terpenuhi. Berdasarkan hasil pengujian data pada SPSS 19,0 dari data variabel keterampilan proses dasar sains siswa yang ada dalam pendekatan saintifik dengan kompetensi literasi sains siswa, berturut-turut sebagai berikut: pertama 29,1% untuk keterkaitan antara variabel X terhadap aspek kompetensi mengidentifikasi isu-isu ilmiah (Y1), dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Kedua, 34,6% untuk variabel X terhadap kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah (Y2), dengan taraf signifikansi sebesar 0,003, yang berarti ada hubungan yang positif dan signifikan. Kemudian 7,8 % untuk variabel X terhadap komptensi menggunakan bukti ilmiah dengan taraf signifikansi 0,162. Selain itu, untuk keterkaitan total dari variabel X yang terdiri atas 17 indikator serta variabel Y yang terdiri atas 9 indikator diperoleh kontribusi sebesar 34,8%, dengan nilai korelasi dan nilai signifikansi sebesr 0,6 dan 0,001. Berdasarkan respon siswa untuk tingkatan aktivasi keseluruhan aspek (variabel X dan Y) sebesar 75,5 % yang berada pada kategori baik (rentan 60 – 80).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pendekatan saintifik, Keterampilan proses dasar sains, literasi sains siswa
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Keterampilan proses dasar sains, literasi sains siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:06
Last Modified: 25 Oct 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27689

Actions (login required)

View Item View Item