PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ISPRING PRO 6.0.0 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI SULTAN AGUNG

RR MADINATUL MUNAWWAROH, SPDI, NIM. 1420420008 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ISPRING PRO 6.0.0 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI SULTAN AGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ISPRING PRO 6.0.0 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI SULTAN AGUNG)
1420420008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ISPRING PRO 6.0.0 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI SULTAN AGUNG)
1420420008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pembelajaran tematik berbasis multimedia yang valid untuk menimbulkan motivasi belajar siswa kelas IV MI/SD tema 9. Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan, menggunakan model Borg and Gall. Instrumen penilaian berupa lembar angket. Instrumen angket digunakan untuk menilai validitas media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu, angket juga disebarkan kepada 31 siswa kelas IV MI Sultan Agung untuk mengetahui ada tidaknya motivasi belajar dan respon siswa terhadap media pembelajaran pembelajaran tematik berbasis multimedia yang telah dikembangkan. Validasi media pembelajaran dilakukan dengan cara merubah data kualitatif menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis secara keseluruhan dan per aspek, perolehan skor hasil perhitungan tersebut dikonversikan menjadi nilai kelayakan produk. Sedangkan validitas dan reliabilitas angket motivasi belajar siswa dan respon siswa dianalisis dengan uji statistik menggunakan SPSS 18.0 dengan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Validasi media pembelajaran ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan respon siswa serta guru. Adapun hasil perhitungan media pembelajaran pembelajaran tematik berbasis multimedia yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan skor 98 dan tingkat persentase keidealan 98%. Penilain ahli media baik (B) dengan skor 90 dan tingkat persentase ideal 85,71%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan sangat baik (SB) dengan skor 56,77 dan persentase keidealan sebesar 87,77% dan penilaian oleh guru sangat baik (SB) dengan skor 179,5 dan tingkat presentase ideal 89,27%. Validasi motivasi belajar siswa dan respon siswa ditentukan berdasarkan hasil validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji tersebut, terdapat 19 item instrumen motivasi yang gugur dan 5 item instrumen respon siswa yang gugur. Item soal yang valid dan reliabel kemudian dianalisis menjadi hasil penilaian masing-masing ranah. Hasil perhitungan ada tidaknya motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran memperoleh skor sebesar 101,61 dengan presentase keidealan 75,45% sehingga dinyatakan baik (B). Hasil tersebut menunjukkan adanya motivasi belajar yang baik setelah menggunakan media pembelajaran tematik yang dikembangkan. Kelebihan dari media pembelajaran ini adalah: Dapat dijadikan media pembelajaran tematik yang menarik bagi siswa untuk belajar, membuat media pembelajaran menggunakan software iSpring Pro 6.0.0 ini sangat mudah dibandingkan dengan software lain yang tujuannya (membuat media pembelajaran berbentuk file flash), dapat menyisipkan Kuis dengan tipe kuis yang beraneka macam-macam (terintegrasi dengan iSpring QuizMaker), dll. Sedangkan kelemahannya adalah tidak semua fungsi pada presentasi PowerPoint dapat tampil seperti pengaturan yang diterapkan user, setelah di convert menggunakan software iSpring Pro 6.0.0, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pembelajaran tematik, multimedia, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:13
Last Modified: 25 Oct 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item