STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMAN

IRLINA DWI MAJIDAH, NIM. 13410063 (2017) STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMAN)
13410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMAN)
13410063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

IRLINA DWI MAJIDAH. Studi Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah keaktifan belajar PAI siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman tergantung materi yang akan disampaikan. Menurut peneliti materi sesulit apapun apabila guru mampu mengemas materi pembelajaran dengan baik dan menyenangkan, maka siswa akan tertarik untuk berpartisipasi aktif di dalam pembelajaran. Selain itu hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 3 Depok masih ada beberapa anak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan agar siswa berperan aktif di dalam pembelajaran. Melalui metode pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap keaktifan dan hasil belajar PAI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan mengambil 25% dari jumlah populasi yakni 32 siswa. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman dengan kategori keaktifan sangat aktif naik 6 % (hasil pre angket dan post angket) dan naik 45 % (hasil dari lembar pengamatan pertama dan kedua) serta uji Mann-Whitney memperoleh nilai sig (0,002) < 0,05 (post angket), (0,000) < 0,05 (lembar pengamatan pertama), dan nilai sig (0,002) < 0,05 (lembar pengamatan kedua), maka Ho ditolak. Menunjukkan arti ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman dengan kenaikan hasil belajar sebesar 22 dan t hitung sebesar 5,713 (> 1.9990) dengan nilai sig (0,000) < 0,05, maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat pengaruh sangat signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap posttest hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay, Keaktifan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay, Keaktifan, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:13
Last Modified: 20 Nov 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum