MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA MAJALAH BAKTI

KHOTIMATUS SHOLIKHATI NIM: 04210125, (2009) MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA MAJALAH BAKTI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA MAJALAH BAKTI)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN REDAKSIONAL PADA MAJALAH BAKTI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (310kB)

Abstract

Keberadaan media masa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik pada era reformasi ini benar-benar membantu dalam kehidupan manusia untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan informasi dalam volume yang relatif besar. Media massa baik elektronik maupun cetak telah berkembang sejak lama dalam berbagai pilihan informasi yang dimuatnya. Dengan adanya media massa, mata dan hati kita akan terbuka untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Hal ini mengisyaratkan agar pelaksanaan suatu program kerja dalam sebuah instansi sudah saatnya menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEK sebagai media komunikasi dan informasi. Demikian penulis menitikberatkan pada media massa cetak berbentuk majalah yakni majalah internal milik Depag DIY yang bernama quot;Majalah Bakti quot;. Mengingat urgennya komoditas berita yang merupakan produk utama majalah, Majalah Bakti berusaha merespon isu-isu kontemporer dengan menyajikan rubrik Laporan Utama sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan kehidupan dalam segala aspeknya. Oleh karena itu, proses produksi berita rubrik Laporan Utama perlu diupayakan secara maksimal oleh bidang redaksi untuk memenuhi kualitas berita sesuai dengan kebutuhan pembaca serta visi misi organisasi tersebut. Manajemen redaksional yang tepat dalam kegiatan penerbitan pers dapat memberi solusi dengan mengetahui sejauh mana keberhasilan, kekuatan, dan kelemahan pemberitaan yang sebelumnya dan berusaha melakukan peningkatan ke arah penerbitan selanjutnya. Sehingga kegiatan penerbitan akan lebih terorganisir secara efektif dan efisien. Dalam skripsi ini penulis membahas bagaimana manajemen redaksional rubrik Laporan Utama pada Majalah Bakti yang terdiri dari proses peliputan, penulisan, dan penyuntingan. Penelitian ini termasuk studi kasus deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di Kota Yogyakarta, tepatny di Kantor Wilayah Departemen Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Depag DIY). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan tentang bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen redaksional rubrik Laporan Utama pada Majalah Bakti. Hasil penelitian ini adalah secara garis besar penerapan fungsi manajemen redaksional yang ada pada rubrik Laporan Utama Majalah Bakti adalah masih kurang optimal. Hal ini dikarenakan masih rendahnya sumber daya manusia yang mengelolanya, sehingga terjadi overlapping dalam pekerjaan, selain itu disiplin ketepatan waktu belum terlaksana dengan baik, serta terbatasnya anggaran dana dalam proses penerbitan dan sebagainya. Hasil peneilitian tentang bagaimana manajemen redaksional rubrik Laporan Utama pada Majalah Bakti tersebut secara jelasnya dibahas dalam Bab III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Hamdan Daulay, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen redaksional, majalah bakti.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 19:15
Last Modified: 27 Dec 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item