IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Amalia Chusnas Sa’adah, NIM. 13410075 (2017) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
13410075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
13410075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

AMALIA CHUSNAS SA’ADAH. Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Implikasinya Terhadap Akhlak SIswa di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Paradigma pendidikan yang baru menekankan agar siswa bukan lagi dijadikan sebagai wadah yang kososng yang siap menerima apapun dari gurunya, akan tetapi siswa adalah pribadi yang masing-masing memiliki potensi. Potensipotensi tersebut hendaknya digali dan dikembangkan. Oleh karenanya, di sini guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensinya. Hal ini dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran PAI, yakni dengan melaksanakan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Pembelajaran seperti ini sering disebut dengan pembelajaran yang humanistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan 2 macam, yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) impelmentasi Teori Belajar Humanistik dalam pembelajaran PAI terlihat dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru, yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, merancang fasilitas belajar yaitu media dan lingkungan belajar, membimbing siswa agar belajar secara aktif, membimbing siswa agar beripikir kritis dengan memaknai pembelajaran secara mandiri, membimbing siswa agar bertanggungjawab atas perbuatan yang diakukan selama proses pembelajaran, dan membimbing siswa agar mengaplikasikan pengalaman belajarnya ke dalam situasi yang nyata. Hal tersebut merupakan beberapa langkah dalam implementasi teori belajar humanistik. Selain itu juga terlihat dalam aplikasi Teori Belajar Humanistik dalam pemelajaran PAI, yaitu confluent education, open education, dan cooperative learning. (2) Adapun implikasi pebelajaran yang humanis terhadap akhlak siswa adalah bertakwa kepada Allah, bertanggungjawab, saling membantu terhadap sesama, bersyukur, percaya diri, menjalin dan menjaga ukhuwah, semangat, berhati-hati dalam bertindak atau berbuat, dan memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama. Kata Kunci: Teori Belajar Humanistik, Pembelajaran PAI, Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Humanistik, Pembelajaran PAI, Akhlak.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Oct 2017 12:39
Last Modified: 25 Oct 2017 12:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27701

Actions (login required)

View Item View Item