PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS SISWA SD/MI KELAS V

M IQBAL ALI FAUZI, SPDI, NIM. 1520420012 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS SISWA SD/MI KELAS V. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Tidak tersedianya buku panduan praktikum di SD/MI melatar belakangi peneliti untuk mengembangkan buku panduan praktikum sains. Buku panduan praktikum adalah sebuah buku yang disusun untuk membantu pelaksanaan praktikum mengikuti kaidah penulisan ilmiah. K)
1520420012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS SISWA SD/MI KELAS V)
1520420012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Tidak tersedianya buku panduan praktikum di SD/MI melatar belakangi peneliti untuk mengembangkan buku panduan praktikum sains. Buku panduan praktikum adalah sebuah buku yang disusun untuk membantu pelaksanaan praktikum mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Keterampilan proses dasar sains merupakan beberapa keterampilan yang digunakan oleh para saintis untuk berpikir dan bekerja. Keterampilan proses dasar sains dikembangkan untuk siswa SD/MI pada pelajaran sains terdiri dari delapan aspek yaitu: mengamati, mengukur, menafsirkan, meramalkan, menggunakan alat dan bahan, mengelompokkan, mengomunikasikan, mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan praktikum sains untuk meningkatkan keterampilan proses dasar sains siswa, melalui tahapan; (1) analisis produk, (2) menetapkan desain buku, (3) pengembangan produk, (4) ujicoba skala kecil dan revisi. Metode penelitian menggunakan model research and develpment (R&D) Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan penilaian oleh ahli media, ahli materi, teman sejawat, guru IPA dan ujicoba kelompok skala kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) hasil penilaian dari ahli media mendapatkan nilai persentase 84% dengan kategori baik, (2) hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai persentase 74% dengan kategori baik, (3) hasil penilaian dari dua teman sejawat mendapatkan nilai persentase 86% dengan kategori sangat baik (4) hasil penilaian dari dua guru IPA mendapatkan nilai persentase 75% dengan kategori baik (5) hasil penilaian observasi keterampilan proses dasar sains mendapatkan persentase sebesar 88,33% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Buku panduan praktikum, Keterampilan Proses Dasar Sains.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:49
Last Modified: 25 Oct 2017 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item View Item