UPAYA PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD PACITAN DI KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN

FEBRIALI SETYO PURWANTO, NIM. 11250020 (2017) UPAYA PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD PACITAN DI KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD PACITAN DI KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN)
11250020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD PACITAN DI KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN)
11250020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Upaya Penanggulangan Korban Bencana Tanah Longsor Oleh BPBD Pacitan di Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2016 dengan tujuan untuk membahas Upaya Penanggulangan Korban Bencana Tanah Longsor Oleh BPBD Pacitan di Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bencana tanah longsor yang tidak bisa diprediksi karena kondisi alam yang berubah-ubah. Yang melibatkan beberapa lembaga turun untuk mengatasi bencana tanah longsor yang setiap musim hujan terjadi tanah longsor. Lembaga yang berperan banyak dalam menangani bencana yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan. Untuk mengatasi bencana tanah longsor BPBD Pacitan melakukan tahapan manejemen bencana yaitu mitigasi, kesiapsiagaan, respon dan pemulihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitan adalah Upaya Penanggulangan Korban Bencana Tanah Longsor Oleh BPBD Pacitan di Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Sementara Subjek penelitianya adalah dua Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik dan Kepala Seksi Rehabilitasi Rekontruksi, dua Staf BPBD Kabupaten Pacitan, tiga orang pegawai Kecamatan Tegalombo dan tiga orang dari daerah yang terkena bencana longsor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trigulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Pacitan sudah menerapkan prinsip-prinsip manajemen bencana yang baik, cepat dan tepat. Kegiatan penyuluhan atau sosialisi yang dilaksanakan oleh BPBD dan instansi terkait membuat masyarakat berpartisipasi untuk mengikuti dan menjaga tanah sering bergerak yang mengakibatkan tanah longsor. Masyarakat juga tanggap dalam menyikapi himbauan dari pemerintah seperti peringatan prabencana dan ikut serta membuat dan menjaga beronjong sebagai penopang tebing yang rawan longsor. Namun dalam pelaksanaannya, keterbatasan sumber daya keuangan yang dikeluhkan oleh BPBD dan instansi terkait yang memperlambat laju pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lathiful Kluluq, Drs, MA, BSW, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Bencana Tanah Longsor, Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Oleh BPBD Pacitan, Kecamatan Tegalombo
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:20
Last Modified: 25 Oct 2017 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27719

Actions (login required)

View Item View Item