PERAN WANITA PETANI DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN BLABURAN DESA BLIGO KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG

VIKAARTANTRIMUNANDAR, NIM. 12250085 (2017) PERAN WANITA PETANI DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN BLABURAN DESA BLIGO KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN WANITA PETANI DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN BLABURAN DESA BLIGO KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG)
12250085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN WANITA PETANI DALAM KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN BLABURAN DESA BLIGO KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG)
12250085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Vika Artantri Munandar. Peran Wanita Petani Dalam Kehidupan Ekonomi Keluarga Di Dusun Blaburan Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar Belakang Keluarga terdiri dari dua orang atau lebih yang mempunyai anak yang di antaranya terdiridari ayah, ibu, dan anak. Dalam sebuah keluarga mempunyai peran sendiri-sendiri yaitu ayah sebagai tulang punggung keluarga yang berperan sangat inti didalam keluarga yaitu mencari nafkah, mengayomi keluarga, ibu sebagai ibu rumah tangga yang mengatur semua kebutuhan didalam rumah dan berperan ikut serta membantu perekonomian didalam keluarga. Peran ganda seorang ibu dalam keluarga pun mempengaruhi pada kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi keluarga pekerja buruh tani perempuan tersebut. Penelitian ini untuk melihat bagaimana peran wanita petani dalam ekonomi keluarga sertakendala apa saja yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan teori peran wanita dan ekonomi keluarga yang dikemukakan oleh Soekamto.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi. Wawancara yang dilakukan yaitu dengan seorang buruh tani dan keluarga petani wanita serta seorang keluarga penggarap sawah. Hasil dari penelitian ini peran wanita di Dusun Blaburan bahwa dapat disebutkan sebagai wanita yang melayani dan sebagai wanita bekerja. Wanita di sana, memiliki pekerjaan sebagai ibu rumah tangga yang disisi lain bekerja di persawahan. Motivasi dalam pekerjaan sebagai petani maupun buruh tani yang ada disana merupakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari serta untuk kebutuhan anak. Sehingga mereka tidak terlalu mengharapkan dari kebutuhan suami mereka melainkan untuk bekerja sama dalam memenuhi kebuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad IzzulHaq, S.Sos,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Peran wanita
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:28
Last Modified: 25 Oct 2017 03:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item