DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTA KUBE SEJAHTERA XV YK.KT.038 (STUDI KASUS KAMPUNG PENUMPING KEL. GOWONGAN KEC. JETIS KOTA YOGYAKARTA)

MOHAMMAD RIBATUDIN, NIM. 12250112 (2017) DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTA KUBE SEJAHTERA XV YK.KT.038 (STUDI KASUS KAMPUNG PENUMPING KEL. GOWONGAN KEC. JETIS KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTA KUBE SEJAHTERA XV YK.KT.038 (STUDI KASUS KAMPUNG PENUMPING KEL. GOWONGAN KEC. JETIS KOTA YOGYAKARTA))
12250112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI ANGGOTA KUBE SEJAHTERA XV YK.KT.038 (STUDI KASUS KAMPUNG PENUMPING KEL. GOWONGAN KEC. JETIS KOTA YOGYAKARTA))
12250112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Mohammad Ribatudin 12250112, Dinamika Kelompok dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota KUBE Sejahtera di Kampung Penumping Kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Skripsi: program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas Dinamika Kelompok dalam mensejahterakan ekonomi anggota KUBE Sejahtera yang berada di Kampung Penumping kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kemiskinan yang merupakan masalah global di setiap Negara khususnya Indonesia. Masalah kemiskinan merupakan masalah sosial yang sangat mendasar dan krusial karena menyangkut kehidupan dan penghidupan banyak penduduk. Dalam hal ini melalui Dinas Sosial Kota melaksanakan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk meningkatkan kesejateraan ekonomi anggota. Oleh karena itu, penelitian dalam mengetahui Dinamika Kelompok dalam mensejahterakan ekonomi anggota KUBE Sejahtera perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi yaitu mengamati segala aktivitas dari anggota KUBE Sejahtera, wawancara yaitu dengan bertanya langsung kepada anggota dan pengurus KUBE Sejahtera, dan dokumentasi yaitu berupa dokumen hasil laporan KUBE Sejahtera yang sudah di bukukan dan juga berupa foto-foto kegiatan anggota KUBE Sejahtera XV YK.KT.038. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen dan artikel baik dari internet maupun buku yang berkaitan serta hasil dari observasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinamika Kelompok dalam mensejahterakan ekonomi anggota KUBE Sejahtera XV YK.KT.038 di Kampung Penumping kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Melihat bahwa KUBE Sejahtera yang baru berdiri kurang lebih baru 1 tahun sejak dibentuk oleh Dinas Kementerian Sosial Kota, Peningkatan Ekonomi para anggota didasarkan pada sistem kegotong royongan dari anggota KUBE Sejahtera XV YK.KT.038, sistem pinjam dan bagi hasil yang diberlakukan kelompok kepada anggota menjadikan usaha yang dikelola anggota berkembang dan bias menghidupan kebutuhan anggota dan keluarga juga kelompok, pengembalian dana yang dilakukan setiap sebulan sekali dengan cicilan bunga yang renda menjadikan kelompok semakin berkembang dan terus maju mengingat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lathiful Khuluq, Drs, MA, BSW, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Dinamika Kelompok, Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi, Anggota KUBE Sejahtera XV YK.KT.038.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:31
Last Modified: 25 Oct 2017 03:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27724

Actions (login required)

View Item View Item