MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PENTAS KIAIKANJENG DALAM PENGAJIAN MOCOPAT SYAFAAT DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN BANTUL

MUKHAMAD LATIF, NIM. 11240102 (2017) MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PENTAS KIAIKANJENG DALAM PENGAJIAN MOCOPAT SYAFAAT DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PENTAS KIAIKANJENG DALAM PENGAJIAN MOCOPAT SYAFAAT DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN BANTUL)
11240102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PENTAS KIAIKANJENG DALAM PENGAJIAN MOCOPAT SYAFAAT DI DESA TAMANTIRTO KECAMATAN KASIHAN BANTUL)
11240102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap organisasi mempunyai visi dan misi yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan suatu manajemen. Manajemen pengorganisasian dalam suatu organisasi sangat penting dalam menentukan rencana, pengaturan, pengarahan, dan pengawasan sehingga terwujud sebuah tujuan yang diinginkan dengan cara yang baik dan sistematis. Untuk itulah kemudian peneliti memfokuskan pada salah satu manajemen pengorganisaian kelompok musik lokal di daerah Yogyakarta, yaitu KiaiKanjeng. Peneliti menggunakan bahan penelitian pada manajemen pengorganisasian pementasan KiaiKanjeng di Kasihan Bantul. Disebabkan pengorganisasian dalam suatu organisasi bisa diukur melalui pembagian kerja, pengelompokan pekerjaan, komunikasi dan koordinasi, maka peneliti mencoba membedah persoalaan ini melalui pendekatan ilmiah. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana manajemen pengorganisasian pementasan KiaiKanjeng? Tentu penelitian ini tidak sekedar hanya memberikan informasi berbasis data semata, melainkan menemukan peran dan fungsi pengorganisasian dalam pembentukan pentas yang berkualitas, baik dalam aspek materi, narasumber, serta kalangan audiences. Kerangka teori pada penelitian ini berbasis pada tinjauan manajemen pengorganisasian berlandaskan prosedur dan sistematika manajemen pengorganisasian yang telah menjadi konsensus (kesepakatan) bersama. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana pada penelitin ini menggunakan pendekatan untuk mampu menggambarkan secara sistematika dan akurat fakta dan karakteristik mengenai manajemen pengorganisasian pentas KiaiKanjeng. Subjek penelitian ini adalah team manajemen KiaiKanjeng dan Emha Ainun Najib, adapun objek penelitian ini adalah pengorganisasian pentas KiaiKanjeng. Sedang metode pengumpulan data melalui langkah observasi, wawancara dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan dalam penelitian ini diantaranya, penerapan manajemen pengorganisasian pentas KiaiKanjeng meliputi pembagian kerja, merusmuskan job description dalam pementasan sesuai dengan devisi. Pengelompokan pekerjaan, pembagian dalam devisi menjadi sub bagian kerja sehingga bisa dikerjakan setiap anggota. Komunikasi, terjalin interaksi yang bagus dalam setiap pementasan. Koordinasi, dalam pembawaan musik atau mengiringi tertata dengan baik. Semua itu tidak terlepas dari garis lurus pengorganisasian yang saling berhubungan setiap devisinya sehingga dalam menjalankan pementasan semua tertata dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Organisasi, KiaiKanjeng, Mocopat Syafaat
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Oct 2017 10:35
Last Modified: 25 Oct 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum