EFEKTIVITAS PROGRAM PENINGKATAN PENDAPATAN PEREMPUAN MISKIN MELALUI PRODUKSI MAKANAN LOKAL DI KUBE LESTARI VI BANJARASRI, KULONPROGO YOGYAKARTA

SARI KHASANAH, NIM. 13250012 (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM PENINGKATAN PENDAPATAN PEREMPUAN MISKIN MELALUI PRODUKSI MAKANAN LOKAL DI KUBE LESTARI VI BANJARASRI, KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PENINGKATAN PENDAPATAN PEREMPUAN MISKIN MELALUI PRODUKSI MAKANAN LOKAL DI KUBE LESTARI VI BANJARASRI, KULONPROGO YOGYAKARTA)
13250012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PENINGKATAN PENDAPATAN PEREMPUAN MISKIN MELALUI PRODUKSI MAKANAN LOKAL DI KUBE LESTARI VI BANJARASRI, KULONPROGO YOGYAKARTA)
13250012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Program peningkatan pendapatan perempuan miskin melalui produksi makanan lokal merupakan salah satu di antara program-program penanggulangan kemiskinan tahun 1999 yang dibentuk oleh LSPPA.. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kualitas hidup perempuan dan keluarga melalui KUBE Lestari, meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha pengolahan makanan lokal, memaksimalkan sumberdaya alam dan memajukan kehidupan masyarakat. Kelompok Usaha Bersama(KUBE) VI merupakan kelompok dampingan LSM LSPPA(Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak) untuk program pemberdayaan perempuan berbasis potensi lokal. KUBE merupakan salah satu alat ukur untuk mencapai kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Direktur LSPPA, penanggung jawab lapangan program, staf Kesejahteraan Rakyat Desa Banjarasri dan staf Pendamping Sosial Pemberdayaan Desa Banjarasri, Kulon Progo, Yogyakarta, serta beberapa masyarakat Desa Banjarasri, Kulon Progo, Yogyakarta yang mengikuti program ini. Objek penelitian ini adalah melihat efektif atau tidaknya program peningkatan pendapatan perempuan miskin melalui produksi makanan lokal yang dijalankan di Kelompok Usaha Bersama(KUBE) Lestari VI Banjarasri, Kulon Progo, Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program peningkatan pendapatan perempuan miskin melalui produksi makanan lokal di KUBE Lestari VI Banjarasri, Kulon Progo Yogyakarta berjalan sudah cukup baik dan efektif. Dari enam indikator, tercapai lima indikator mencapai efektifitas. Indikator yang belum efektif adalah pada program ini masyarakat mengalami perubahan dalam melaksanakan kegiatan, awalnya ikut-ikutan dan beberapa dari mereka setelah berdaya tidak mau melanjutkan lagi mengikuti kegiatan program. Dalam program ini dapat dikatakan efektif karena masyarakat mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti program ini seperti dapat mencari pengahsilan sendiri membantu ekonomi keluarga, mendapatkan ilmu banyak tentang pelatihanpelatihan sehingga mengubah gaya hidup mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainuddin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program peningkatan pendapatan perempuan miskin melalui produksi makanan lokal
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:38
Last Modified: 25 Oct 2017 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27727

Actions (login required)

View Item View Item