DAMPAK PROGRAM BEDAH RUMAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)

HENI WIDIYAWATI, NIM. 13250023 (2017) DAMPAK PROGRAM BEDAH RUMAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM BEDAH RUMAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO))
13250023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (34MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM BEDAH RUMAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO))
13250023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Dampak Program Bedah Rumah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Skripsi : Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Mei 2017 terkait dengan adanya dampak dari Program bedah rumah yang berdampak pada kesejahteraan hidup masyarakat di Desa Hargorejo. Bantuan tersebut diperuntukan bagi masyarakat miskin di Kulon Progo dan namanya masuk atau terdaftar pada Album Kemiskinan. Dana yang digunakan untuk pelaksanaan Program Bedah Rumah tersebut berasal dari berbagai pihak, seperti CSR Perusahaan yang ada di Kulon Progo, Perseorangan yang ingin menyumbangkan uangnya untuk pelaksanaan program tersebut, APBD yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kulon Progo dan dari anggaran Desa Hargorejo sendiri. Dari beberapa sumber dana tersebut peneliti memilih Program Bedah Rumah yang berada dibawah naungan Dinas Sosial sebagai fokus penelitiannya. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menggali dampak yang terjadi akibat adanya Program Bedah Rumah ini. Selain itu peneliti juga mencari hambatan apa saja yang dialami para penerima Bantuan Program Bedah Rumah pada saat pelaksanaan pembedahan rumah dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek kajian dari penelitian ini adalah dampak bagi kesejahteraan masyarakat dan hambatan yang dirasakan masyarakat selaku penerima Bantuan Bedah Rumah di Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Dan subjek penelitiannya adalah masyarakat yang menerima Bantuan Program Bedah Rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan datanya adalah menggunakan metode triangulasi yaitu mengulang beberapa pertanyaan wawancara untuk mengklarifikasi kebenaran informasinya, sehingga jika terdapat sedikit perbedaan bisa juga untuk digunakan sebagai pembanding. Hasil penelitian ini menunjukan jika Bantuan Program Bedah Rumah memang memiliki dampak bagi penerimanya. Dampak tersebut berupa dampak yang dikehendaki seperti mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesehatan. Selain dampak, terdapat juga hambatan yang dialami penerima bantuan tersebut berupa kurangnya dana yang diterima sehingga dana tersebut tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan bahan bangunan rumah yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Izzul. Haqq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo, Bantuan Program Bedah Rumah, Masyarakat miskin, Dampak dan Hambataan Program Bedah Rumah
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:40
Last Modified: 25 Oct 2017 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item View Item