PELAYANAN PENJANGKAUAN BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG MELALUI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (STUDI DI KAMPUNG PEDULI DESA REMBES KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG)

GALUH KARTIKA SIWI, NIM. 13250031 (2017) PELAYANAN PENJANGKAUAN BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG MELALUI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (STUDI DI KAMPUNG PEDULI DESA REMBES KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN PENJANGKAUAN BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG MELALUI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (STUDI DI KAMPUNG PEDULI DESA REMBES KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG))
13250031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN PENJANGKAUAN BBRSBG KARTINI TEMANGGUNG MELALUI PROGRAM REHABILITASI SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (STUDI DI KAMPUNG PEDULI DESA REMBES KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG))
13250031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang pengembangan model pelayanan penjangkauan untuk disabilitas intektelektual melalui rehablitasi sosial berbasis komunitas dalam program kampung peduli yang dilakukan oleh lembaga Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG). Penelitian ini didasari oleh banyaknya penyandang disabilitas di daerah pelosok desa yang belum memperoleh/belum terjangkau pelayanan. Disamping itu rehabilitasi berbasis panti juga dirasa belum optimal karna rehabilitasi di panti hanya berfokus pada klien saja bukan kepada sistem klien seperti keluarga/masyarakat yang nantinya akan menjadi tempat kembali klien setelah klien selesai menerima pelayanan di panti. Panti yang ada juga tidak sebanding dengan banyaknya jumlah penyandang disabilitas yang ada. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang didapatkan peneliti dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian menyajikan data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi data dengan membandingkan/mencocokan data hasil wawancara dengan data hasil pengamatan dan data dokumen-dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menujukan bahwa pelaksanaan rehabilitasi sosial berbasis komunitas dengan program kampung peduli di desa Rembes merupakan bagian dari rehabilitasi sosial berbasis masyarakat karena dalam pelaksanaan program kampung peduli melibatkan masyarakat sebagai wadah untuk menyelenggarakan program, selain itu program kampung peduli juga melibatkan masyarakat sebagai pelaku rehabilitasi dimana masyarakat yang bersedia sebagai kader bertugas untuk melakukan pendampingan kepada penyandang disabilitas intelektual dan bertugas mengembangan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibentuk ketika adanya program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Arif Maftuhin ,MAIS.
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi Berbasis Komunitas, Kampung Peduli
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:42
Last Modified: 25 Oct 2017 04:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27731

Actions (login required)

View Item View Item