KESEJAHTERAAN BURUH OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN BUMN BIDANG KONTRUKSI BAJA DAN BIDANG LOGISTIK KOTA TEGAL)

RESTU KHUSNUL LATIFAH, NIM. 13250050 (2017) KESEJAHTERAAN BURUH OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN BUMN BIDANG KONTRUKSI BAJA DAN BIDANG LOGISTIK KOTA TEGAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN BURUH OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN BUMN BIDANG KONTRUKSI BAJA DAN BIDANG LOGISTIK KOTA TEGAL))
13250050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN BURUH OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN BUMN BIDANG KONTRUKSI BAJA DAN BIDANG LOGISTIK KOTA TEGAL))
13250050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertemakan mengenai kondisi Kesejahteraan buruh outsourcing di perusahaan BUMN Bidang Kontruksi Baja dan Bidang Logistik Kota Tegal. Sistem kerja kontrak atau biasa dikenal sebagai sistem outsourcing sudah tidak lagi menjadi hal yang asing di Indonesia. Sistem outsourcing sendiri dapat ditemui di berbagai perusahaan termasuk di BUMN yang notabennya sebagai perusahaan milik negara diantaranya di perusahaan BUMN Bidang kontruksi baja dan bidang logistik Kota Tegal. Sama halnya dengan sistem outsourcing di perusahaan lain, buruh outsourcing pun harus terpenuhi kesejahteraannya baik kesejahteraan materiil dan non materiil yang dapat dilihat dari kesejahteraan secara umum maupun kesejahteraan karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengkumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode keabsahan data/triangulasi, dimana metode ini digunakan sebagai pembanding antara hasil wawancara dengan dokumen yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buruh outsourcing tidak sejahtera secara materiil maupun non materiil. Hal tersebut terlihat dari tidak terpenuhinya aspek kesejahteraan buruh outsourcing yang ditinjau dengan menggunakan tujuh indikator kesejahteraan secara umum dan kesejahteraan karyawan. Buruh outsourcing tidak mendapatkan hak-hak nya sebagai tenaga kerja secara penuh sehingga mempengaruhi dalam pemenuhan kebutuhan sendiri dan keluarganya, baik pemenuhan secara materiil dan non materiil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos, M.Se.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Buruh outsourcing, Perusahaan BUMN Bidang Kontruksi Baja dan Bidang Logistik Kota Tegal.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:45
Last Modified: 25 Oct 2017 04:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27733

Actions (login required)

View Item View Item