REINTEGRASI SOSIAL KLIEN ANAK KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KLAS II WONOSARI)

IDDAH, NIM. 13250074 (2017) REINTEGRASI SOSIAL KLIEN ANAK KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KLAS II WONOSARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REINTEGRASI SOSIAL KLIEN ANAK KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KLAS II WONOSARI))
13250074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (REINTEGRASI SOSIAL KLIEN ANAK KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KLAS II WONOSARI))
13250074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Iddah, 13250074, Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017, Penelitian ini berjudul "Reintegrasi Sosial Klien Anak Tindak Pidana Kekerasan (Studi Kasus di Balai Pemasyarakatan Klas II Wonosari)". Latar belakang penelitian ini adalah anak bermasalah dengan hukum merupakan seseorang yang sedang mengalami disintegrasi sosial dalam menjalani kehidupan sosial, anak remaja yang melakukan kasus tindak pidana kekerasan. Klien anak tindak pidana kekerasan sejatinya berhak mendapatkan reintgerasi sosial agara klien anak tindak pidana kekerasan dapat menjadi anak yang memiliki nilai-nilai sosial sesuai yang ada di lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yakni dengan melakukan kegiatan penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Kemudian langkah untuk menganalisa data adalah dengan triangulasi data, dengan mencari kesesuaian dan membandingkan antara satu data dengan data lainnya dan ditafsirkan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Proses reintegrasi yang dilakukan pembimbing kemasyarakatan terhadap klien anak merupakan proses mengembalikan hubungan sosial antara anak dengan masyarakat agar menjadi satu kesatuan yang utuh dalam hubungan sosial, serta keberhasilan suatu proses reintegrasi sosial tidak lepas dari usaha pembimbing kemasyarakatan saja, namun adanya kerjasama dengan beberapa pihak terkait. Kesimpulan penelitian ini adalah proses reintegrasi sosial klien anak sangat diperlukan, bertujuan untuk mengembalikan fungsi sosial anak di lingkungan masyarakat. Keberhasilan dalam melaksanakan proses reintegrasi sosial juga karena adanya keikutsertaan beberapa relasi atau kerja sama dengan pihak terkait, kemudian keberhasilan melakukan reintegrasi sosial juga tidak hanya dilihat dari perkembangan anak menjadi lebih baik daripada sebelumnya, akan tetapi, keberhasilan juga dilihat dari aspek pembimbing kemasyarakatan mampu memperdayakan klien anak dengan metodemetode bimbingan yang membawa klien anak kearah baik dan tidak menimbulkan kebosanan dalam pelaksanaan reintegrasi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, SIP, M.S.W
Uncontrolled Keywords: Reintegrasi Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:47
Last Modified: 25 Oct 2017 04:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item