PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA PANGGUNGHARJO MELALUI KELOMPOK USAHA PENGELOLA SAMPAH (KUPAS) PANGGUNG LESTARI, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

RUFAIDAH ASLAMIAH, NIM. 1325OO98 (2017) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA PANGGUNGHARJO MELALUI KELOMPOK USAHA PENGELOLA SAMPAH (KUPAS) PANGGUNG LESTARI, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA PANGGUNGHARJO MELALUI KELOMPOK USAHA PENGELOLA SAMPAH (KUPAS) PANGGUNG LESTARI, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
13250098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA PANGGUNGHARJO MELALUI KELOMPOK USAHA PENGELOLA SAMPAH (KUPAS) PANGGUNG LESTARI, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
13250098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Sebagian masyarakat mengenal sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna, bukan sebagai sumberdaya yang bisa dimanfaatkan. Namun saat ini sampah bukan lagi sebagai sesuatu yang tidak berguna, tetapi merupakan sumberdaya yang memiliki nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Sampah dapat menjadi sumber energi, menjadi kompos, pupuk, ataupun bahan baku industri yang kesemuanya diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya pemerintah desa dalam menanggulangi permasalahan lingkungan hidup yang berkaitan dengan sampah, yaitu pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi desa. Penelitian ini berjudul "Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Untuk Mensejahterakan Masyarakat Desa Panggungharjo Melalui Kelompok Usaha Pengelola Sampah (KUPAS) Panggung Lestari, Sewon, Bantul, Yogyakarta". Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan peran apa saja yang dilakukan oleh BUMDes dalam menanggulangi sampah melalui KUPAS, dan juga dampak sosial-ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Desa Panggungharjo. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk memahami lebih dalam lagi mengenai peran-peran yang dijalankan oleh BUMDes dalam membantu mensejahterakan masyarakat melalui KUPAS Panggung Lestari. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada beberapa informan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian penelitian ini menggunakan tinjauan mengenai lembaga layanan masyarakat, dan teori kesejahteraan sosial serta tinjauan mengenai dampak sosial ekonomi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peran BUMDes dalam mensejahterakan masyarakat melalui (KUPAS) Panggung Lestari dan juga dampak sosial-ekonominya. Penelitian ini berlokasi di Desa panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Panggung Lestari berperan sebagai lembaga pelayanan berbasis masyarakat, Pemerintah BUMDes memiliki tiga peran, antara lain : (1) Penyebaran informasi dan Mendorong pembuatan jaringan, (2) Berperan penting dan vital dalam memungkinkan, dan berperan minimal dalam pemberian, (3) Realokasi sumber daya, karena adanya berbagai tingkat sumber daya yang tersedia bagi masyarakat untuk pembangunan. Kemudian ditemukan beberapa dampak dari adanya KUPAS, yaitu : (1) Permasalahan sampah dapat dikelola dengan baik (2) terpenuhinya kebutuhan kesehatan dan ekonomi masyarakat, dan (3) kesempatan sosial dapat dimaksimalkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Peran, BUMDes, Kesejahteraan Masyarakat, KUPAS.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 05:40
Last Modified: 25 Oct 2017 05:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27738

Actions (login required)

View Item View Item