KEBIJAKAN DESA LAYAK ANAK SEBAGAI LANGKAH PERWUJUDAN KLATEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK (STUDI LAPANGAN IMPLEMENTASI DESA LAYAK ANAK DI DESA JABUNG, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN)

SAKINA RAHMAWATI, NIM. 13250101 (2017) KEBIJAKAN DESA LAYAK ANAK SEBAGAI LANGKAH PERWUJUDAN KLATEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK (STUDI LAPANGAN IMPLEMENTASI DESA LAYAK ANAK DI DESA JABUNG, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN DESA LAYAK ANAK SEBAGAI LANGKAH PERWUJUDAN KLATEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK (STUDI LAPANGAN IMPLEMENTASI DESA LAYAK ANAK DI DESA JABUNG, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN))
13250101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN DESA LAYAK ANAK SEBAGAI LANGKAH PERWUJUDAN KLATEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK (STUDI LAPANGAN IMPLEMENTASI DESA LAYAK ANAK DI DESA JABUNG, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN))
13250101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan Desa Layak Anak Sebagai Langkah Perwujudan Klaten Menuju Kabupaten Layak Anak (Studi Lapangan Implementasi Desa Layak Anak di Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten). Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi dan programprogram kebijakan DLA di Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan DLA menurut Mazmanian dan Sabatier. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Kebijakan DLA di Desa Jabung menggunakan pendekatan kebijakan top-down. Dalam implementasi kebijakan DLA ini melalui tahapan implementasi, meliputi tahap organization, interpretation, dan application. Tahap organization, dari desa sendiri sudah melaksanakan dengan membentuk gugus tugas DLA Desa Jabung, Forum Anak, menyusun sumber daya anggaran dana. Tahap intepretation, pihak implementer melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kebijakan DLA. Dan dalam tahap application, pelaksanaan kebijakan DLA melalui klaster kelembagaan dan klaster hak anak; yang meliputi hak sipil dan kebebasan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dasar dan kesejahteraan; pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya; dan perlindungan khusus. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan DLA Desa Jabung adalah karakteristik masalah, karakteristik kebijakan, dan lingkungan kebijakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Izzul Haq, S. Sos, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, KLA, DLA, Desa Jabung
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 05:43
Last Modified: 25 Oct 2017 05:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27740

Actions (login required)

View Item View Item