PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) (STUDI KASUS KUBE “LESTARI” DUSUN POLAMAN DESA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL)

NORMA AZLIZA, NIM. 13250104 (2017) PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) (STUDI KASUS KUBE “LESTARI” DUSUN POLAMAN DESA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) (STUDI KASUS KUBE “LESTARI” DUSUN POLAMAN DESA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL))
13250104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) (STUDI KASUS KUBE “LESTARI” DUSUN POLAMAN DESA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL))
13250104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Perempuan dapat menjadi salah satu sasaran penting pemberdayaan untuk mengurangi kemiskinan. Pemberdayaan seharusnya tidak hanya berorientasi pada aspek ekonomi saja, akan tetapi juga harus didukung dengan aspek sosial yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Selain modal fisik, finansial dan manusia, modal sosial penting dikembangkan untuk menumbuhkan partisipasi serta kerjasama dalam masyarakat itu sendiri. Penelitian ini berjudul "Penguatan Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) (Studi Kasus KUBE Lestari Dusun Polaman Desa Triwidadi Pajangan Bantul)". Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan bagaimana penguatan modal sosial yang dilakukan dalam pemberdayaaan perempuan melalui KUBE Lestari di dusun Polaman. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami lebih dalam mengenai modal sosial yang dimiliki kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada informan yang dipilih dengan purposive sampling. Kemudian penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dan modal sosial sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penguatan modal sosial dalam pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Penelitian ini berlokasi di Dusun Polaman, Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial dapat diperkuat dengan meningkatkan kepercayaan (trust), jaringan (Network) serta nilai-nilai dan norma yang dimiliki oleh anggota kelompok maupun masyarakat agar kerjasama menjadi lebih mudah terbangun. Dengan memperkuat rasa percaya (trust) antar sesama anggota, pendamping dan masyarakat, tingkat kerjasama dan rasa tolong menolong dapat terjalin dengan lebih baik. Jaringan pemasaran yang dimiliki anggota KUBE Lestari masih cukup terbatas, untuk itu, jaringan (network) masih harus dikuatkan dengan cara mengembangkan dan memperluas hubungan yang dimiliki baik dalam internal kelompok maupun jaringan dengan pihak luar kelompok. Untuk memperkuat norma, dibutuhkan kesadaran dari masing-masing anggota kelompok karena nilai dan norma yang dimiliki anggota lebih bersifat informal dengan dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan untuk saling membantu dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: NORMA AZLIZA NIM 13250104
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Pemberdayaan, Perempuan, KUBE.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 05:44
Last Modified: 25 Oct 2017 05:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item