DISKRIMINASI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) (STUDY KASUS KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) SMILE PLUS TEMANGGUNG)

ACHMAD WISNU MA’ARIF, NIM. 13250105 (2017) DISKRIMINASI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) (STUDY KASUS KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) SMILE PLUS TEMANGGUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKRIMINASI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) (STUDY KASUS KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) SMILE PLUS TEMANGGUNG))
13250105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DISKRIMINASI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) (STUDY KASUS KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) SMILE PLUS TEMANGGUNG))
13250105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

DISKRIMINASI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA)’’Study kasus Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Smile Plus Temanggung’’ merupakan sebuah karya skripsi yang fokus masalahnya terhadap orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Virus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit menular yang menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menyerbu dan menghancurkan jenis sel darah putih tertentu, yang sering disebut T4 atau sel CD4 yang kemudian menyebabkan daya tahan tubuh penderita menurun. Sedangkan AIDS (Acquired immune Deficiency Syndrome) merupakan gabungan dari berbagai penyakit oportunistik yang menyerang tubuh sebagai akibat dari virus HIV. Kelompok dukungan sebaya KDS Smile Plus merupakan lembaga independent di Temanggung yang fokus masalahnya pada peningkatan mutu kualitas hidup orang yang Terinfeksi HIV dan kelompok sasaran rentan lainnya dan mengupayakan kesejahteraan orang dengan HIV/AIDS yang secara resmi sudah bergabung sebagai anggota Smile Plus. Orang dengan HIV/AIDS sangat rentan terhadap perilaku diskriminasi, ada dua tipikal diskriminasi pertama diskriminasi langsung dan kedua diskriminasi tidak langsung. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan tinjauan diskriminasi dan rujukan teori resiliensi untuk mengetahui bentuk-bentuk diskriminasi yang di alami tiap-tiap subjek dan megetahui bagaimana subjek mensikapi diskriminasi yang dialami. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, fokus pembahasan dalam penelitian ini yaitu mengkaji diskriminasi dari tiga aspek, pertama diskriminasi yang terjadi dalam konteks lingkungan keluarga, diskriminasi dilingkungan kerja dan diskriminasi dilingkungan social, dan juga untuk mengetahui bagaimana subjek mensikapain diskriminasi yang terjadi dalam lingkungan keluarga, lingkungan kerja dan lingkungan sosialnya. Subjek peneliti yaitu 5 orang dengan HIV/AIDS dampingan Smile Plus (Subjek FD, US, IY, AR dan AG). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk menguji validitas data. Hasi dari penelitian ini menunjukan dari kelima subjek penelitian empat diantaranya mengalami diskriminasi berupa diskriminasi langsung dan diskriminasi tidak langsung dengan sumber diskriminasi berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan kerja, sedangkan dalam lingkungan sosialnya tidak mengalami diskriminasi sebab ke lima subjek sangat tertutup dengan status HIVnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi, Orang, HIV/AIDS
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 05:46
Last Modified: 25 Oct 2017 05:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item