PERAN ADVOKASI PERSATUAN PENYANDANG DISABILITAS KULON PROGO

PUTRI JATI PERTIWI, NIM. 13250115 (2017) PERAN ADVOKASI PERSATUAN PENYANDANG DISABILITAS KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ADVOKASI PERSATUAN PENYANDANG DISABILITAS KULON PROGO)
13250115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN ADVOKASI PERSATUAN PENYANDANG DISABILITAS KULON PROGO)
13250115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Bentuk diskriminasi pada disabilitas memang sudah menjadi perhatian yang serius. Berbagai lembaga yang bergerak pada isu kelompok rentan serta disabilitas kini mulai banyak melakukan pembelaan, pendampingan, pemberdayaan serta penguatan bagi disabilitas. Satu-satunya organisasi penyandang disabilitas di Kulon Progo adalah PPDKP. Oleh karena itu, penelitian inibermaksud untuk melihat bagaimana peran advokasi yang dilakukan PPDKP terhadap pemerintah kabupaten Kulon Progo terkait perda nomor 3 tahun 2016 tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif untuk mengungkap fakta dan fenomena yang ada di masyarakat. Setelah melakukan peneitian, peneliti menyimpulkan bahwa PPDKP masih lemah dalam melakukan advokasi pendesakan perda hal ini dikarenakan PPDKP masih kurang memahami tentang advokasi serta PPDKP masih kurang relasi pemerintahan. Karena hal tersebut, CIQAL, ILAI dan SIGAB berinisiatif membantu dalam proses advokasi pendesakan peraturan daerah kabupaten kulon progo tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas. Dalam setiap proses advokasi, PPDKP selalu dibantu oleh lembaga. Hingga pada akhirnya PPDKP beserta lembaga yang membantu mendapatkan hasil yang memuaskan dimana pemerintah Kulon Progo mengeluarkan perda tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas. Meskipun PPDKP dalam proses advokasi selalu mendapat bantuan dari lembaga, namun peran dari PPDKP tidak bisa diremehkan begitu saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Arif Maftuhin, M.Ag, M.A.I.S.
Uncontrolled Keywords: PPDKP, Persatuan Penyandang Disabilitas Kulon Progo, ILAI, CIQAL, SIGAB, Peraturan Daerah, Perda Disabilitas
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Oct 2017 05:47
Last Modified: 25 Oct 2017 05:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item