IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DAN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMATIK DI MI NEGERI PURWOKERTO

SANGADATUD DAROENI, NIM. 1520420023 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DAN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMATIK DI MI NEGERI PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DAN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMATIK DI MI NEGERI PURWOKERTO)
1520420023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DAN PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMATIK DI MI NEGERI PURWOKERTO)
1520420023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Perubahan kurikulum kembali terjadi pada tahun 2013 yang dikenal dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dikenal dengan konsep pendekatan pembelajarannya berupa pendekatan saintifik. Penilaian dalam kurikulum 2013 lebih mengarah pada ranah afektif berupa penilaian sikap. Sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, pembelajarannya berbasis tematik yaitu pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran dengan menggunakan tema tertentu. Kurikulum 2013 diterapkan di MIN Purwokerto mulai Tahun Ajaran 2014/2015, saat ini telah diterapkan mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Peneliti memilih meneliti di kelas 4 unggul dengan beberapa alasan. Salah satunya ialah siswa di kelas unggul dikenal memiliki sikap yang lebih mudah dikontrol dibandingkan siswa kelas lainnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti di kelas 4 unggul. Persoalan yang penulis kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 dan penilaian sikap dalam pembelajaran IPA tematik di MI Negeri Purwokerto. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif dengan teori yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini, pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA tematik di MI Negeri Purwokerto diimplementasikan pada kegiatan inti pembelajaran dengan tahap mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Siswa sudah aktif dalam kegiatan mengamati, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, namun belum aktif dalam kegiatan menanya. Guru sudah melaksanakan perannya secara optimal sebagai fasilitator dan klarifikator materi. Secara umum, implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA tematik di MI Negeri Purwokerto sudah dilaksanakan secara sistematis, berpusat kepada siswa, kreatif, fleksibel, menyenangkan dan bermakna. Adapun untuk implementasi penilaian sikap dalam pembelajaran IPA tematik di MI Negeri Purwokerto, guru menggunakan teknik penilaian proses berupa observasi dan jurnal. Penilaian sikap tersebut sudah dilaksanakan secara berkesinambungan, efektif, dan terarah. Sikap siswa secara keseluruhan sudah memenuhi kompetensi sikap yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Penilaian Sikap, Pembelajaran IPA Tematik, MI Negeri Purwokerto
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:22
Last Modified: 25 Oct 2017 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item