PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

ELI SRI MULIANTI, SPDI, NIM. 1520421001 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
1520421001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
1520421001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran pop-up book dalam pembelajaran matematika kelas II MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta dan cara mengembangkan media yang baik, menarik dan layak untuk pembelajaran matematika kelas II MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk dan evaluasi produk. Tahap analisis kebutuhan merupakan langkah awal dari pengembangan produk dari mengumpulkan informasi yang relevan dengan produk yang akan dikembangkan. Tahap pengembangan produk mencakup membuat flowchart, mengumpulkan bahan-bahan pendukung, memproduksi produk dan menampilkan bahan-bahan pendukung. Tahap evaluasi produk merupakan hasil pengembangan produk awal kemudian dievaluasi berdasarkan lima sub-tahapan yaitu evaluasi ahli media, evaluasi ahli materi, uji coba perorangan (tiga peserta didik), uji coba kelompok kecil (delapan peserta didik), dan uji coba lapangan (dua puluh dua peserta didik). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket. Data dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran pop-up book kelas II MI Ma’arif Bego. Pertama menunjukkan bahwa pada analisis kebutuhan guru dan peserta didik dengan hasil perhitungan 100% guru sangat membutuhkan media pembelajaran dan menyatakan bahwa media pembelajaran sangat membantu untuk memperlancar proses pembelajaran dan 92% peserta didik membutuhkan media pembelajaran matematika. Kedua media pembelajaran ini telah memenuhi kelayakan dari aspek kelayakan penyajian media dan kelayakan isi materi setelah melalui proses validasi dari ahli media dan ahli materi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa produk pengembangan ini termasuk dalam kriteria baik dengan rerata skor 3,8. Secara berturut-turut skor aspek kelayakan penyajian media 3,6 (kriteria baik) dan aspek kelayakan isi materi 4,2 (kriteria sangat baik). Hasil ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran pop-up book pada pembelajaran matematika kelas II layak untuk didesiminasikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Pop-up Book, Pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:32
Last Modified: 25 Oct 2017 06:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item