ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL BINA IHSANUL FIKRI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017

IRBA’ MUHLAS SAMBODO, NIM. 12240041 (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL BINA IHSANUL FIKRI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL BINA IHSANUL FIKRI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
12240041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL BINA IHSANUL FIKRI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
12240041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena BMT BIF selain lembaga keuangan yang harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah, BMT BIF juga mampu memberikan kontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kelas menengah kebawah dengan potensi pertumbuhan yang terus meningkat. Dalam menjalankan usahanya BMT BIF menggunakan tiga prinsip yakni bagi hasil, sistem jual beli dan sistem non-profit. Tujuan dari strategi pemasaran adalah memahami keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga apa yang di inginkan konsumen dapat terpenuhi. Untuk itulah BMT BIF memerlukan strategi pemasaran yang baik guna menunjang keberhasilan BMT BIF khususnya dalam memasarkan produk murabahah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan data primer dan data skunder yang diambil menggunakan beberapa teknik yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi serta studi kepustakaan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yang diinterpretasikan kedalam kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwasanya BMT BIF Kota Yogyakarta melakukan pemilihan pasar dengan penerapan metode segmentasi geografi dan segmentasi psikografi yang menentukan pasar berdasarkan wilayah serta pendapatan atau kemampuan para calon nasabahnya. Dalam penerapan strategi pemasaran BMT BIF Kota Yogyakarta telah menerapkan strategi dari bauran pemasaran dengan baik melalui realisasi kegiatan promosi serta kualitas produk yang menjadi keunggulan dalam kegiatan memasarkan produk murabahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, BMT Bina Ihsanul Fikri, Produk Murabahah, Bauran Pemasaran.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Oct 2017 14:08
Last Modified: 25 Oct 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum