UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN BELA NEGARA (PBN) DI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017

ENDAH SYAMSIYATI N.J, NIM. 13410083 (2017) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN BELA NEGARA (PBN) DI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN BELA NEGARA (PBN) DI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017)
13410083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN BELA NEGARA (PBN) DI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017)
13410083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

ENDAH SYAMSIYATI N. J. Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Bela Negara (PBN) Di MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang dari penelitian ini adalah beberapa kasus yang ada di Indonesia merupakan dampak adanya kemerosotan moral bangsa. Melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan keilmuan serta kecerdasan anak. Aspek moral sebagai basis pembentukan karakter anak semakin terpinggirkan. Ekstrakurikuler PBN merupakan pendidikan non formal yang menjadi salah satu kegiatan yang mendukung proses pembentukan karakter anak bangsa. Ekstrakurikuler PBN di MAN 2 Kudus ini bertujuan sebagai wadah untuk perekrutan personil pasukan pengibar bendera (paskibra) dalam rangka menyambut hari ulang tahun Republik, selain itu PBN bertujuan untuk melatih, membina dan mengembangkan sikap kedisiplinan, tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kewajiban serta melatih keberanian mental siswa dan menanamkan jiwa nasionalisme. PBN di MAN 2 Kudus bernama PASGADA (Pasukan Garuda Muda). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PBN di MAN 2 Kudus dan dampak kegiatan ekstrakurikuler PBN bagi siswa MAN 2 Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya pembentukan karakter kedisiplinan, tanggungjawab, dan cinta tanah air serta dampak setelah mengikuti ekstra PBN bagi siswa MAN 2 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari pemaknaan data ini selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembentukan karakter anak melalui kegiatan ekstrakurikuler PBN di MAN 2 Kudus dilaksanakan secara bertahap mulai dari pemberian materi PBB, latihan fisik maupun materi bela negara atau kebangsaan. (2) Dampak dari pelaksanaan kegiatan PBN dalam pembentukan karakter anak yaitu terbentuknya rasa tanggung jawab yang tinggi, meningkatnya kedisiplinan, memiliki sikap mental yang kuat serta memiliki rasa nasionalis yang tinggi. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler, Bela Negara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler, Bela Negara
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:26
Last Modified: 27 Oct 2017 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item View Item