PERAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MAN YOGYAKARTA III

ISNAINI NURUL KHASANAH, NIM. 13410105 (2017) PERAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MAN YOGYAKARTA III)
13410105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MAN YOGYAKARTA III)
13410105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ISNAINI NURUL KHASANAH. Peran Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa MAN Yogyakarta III. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa yang menempuh pendidikan di MAN Yogyakarta III ini berasal dari berbagai daerah di Yogyakarta dan luar daerah Yogyakarta. Sehingga menimbulkan kekhawatiran orang tua apabila anaknya tinggal di kost akan mengganggu perkembangan kerpibadiannya. Selain itu, MAN Yogyakarta III berdekatan dengan lingkungan kampus, seperti Institut Pertanian, Akademi Maritim, juga tidak begitu jauh dengan UGM maupun UNY. Hal ini akan dapat dengan mudah untuk berinteraksi dengan para mahasiswa yang dapat mempengaruhi perilakunya dan berujung pada kenakalan siswa. Untuk itu MAN Yogyakarta III membuka boarding school yang kegiatannya diarahkan menjadi sebuah pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggambil latar belakang Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari pemaknaan data ini selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan mencari sumber data yang sama melalui berbagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan sistem boarding school di MAN Yogyakarta III menggunakan kurikulum dengan tiga program peminatan, yaitu program kelas tahfidz, program kelas kitab, dan program kelas bahasa. Untuk pembelajarannya meliputi diniyah fajriyyah, diniyah lailiyyah, yasinan, dzibaan, muhadhoroh, dan qoroah. Dalam hal pembentukan karakternya melalui kegiatan sehari-hari yang telah dijadwalkan oleh Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN Yogyakarta III. (2) Peran sistem boarding school dalam pembentukan karakter siswa yaitu untuk untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada santri, membiasakan nilai-nilai pendidikan karakter, dan mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Peran Sistem Boarding School, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Peran Sistem Boarding School, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:13
Last Modified: 20 Nov 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum